• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Oknum Polisi Kota Madiun Sabet Uang Koperasi Rp 1 M, Dipecat Tidak Hormat

18 January
01:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Polres Madiun Kota melakukan pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) terhadap AKP HN, oknum personel yang terindikasi melakukan pelanggaran berat dan tindak pidana. Upacara PDTH dilaksanakan di halaman Mapolresta Madiun, Jumat (17/1/2020).

Kapolres Madiun Kota, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa mengatakan, AKP HN sebelumnya menjabat perwira pertama (pama) Polres Madiun Kota. Yang bersangkutan diberhentikan dari anggota kepolisian karena terbukti melakukan tindak pidana yakni turut serta melakukan penggelapan dalam jabatan yakni terhadap uang koperasi Primkop Polres Madiun Kota. Tidak tanggung-tanggung, kerugiannya mencapai lebih Rp 1 Miliar.

Kejahatan itu dilaksanakan secara berlanjut sehingga Pengadilan Negeri Kota Madiun menjatuhkan putusan hukuman selama dua tahun enam bulan penjara. Kapolres menyatakan, penetapan penjatuhan hukuman terhadap AKP HN didasari Keputusan Kapolri Nomor : Kep/2528/XII/2019 tertanggal 27 Desember 2019.

"Sudah saya sampaikan kepada anggota bahwa bagi personel yang berprestasi pasti diberikan reward dan bagi personel yang melangggar kode etik ataupun disiplin tentunya akan diberikan punishment," ungkapnya.

Selain AKP HN, pada Desember 2019 lalu, Polres Madiun Kota juga melakukan upacara PTDH terhadap dua oknum kepolisian. Masing-masing Briptu RWB yang sebelumnya bertugas sebagai bintara bagian sumberdaya dan Polsek Sawahan. Yang bersangkutan terbukti melakukan tindak pidana tanpa hak menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I jenis sabu. Atas kasus tersebut, Pengadilan Negeri (PN) Kota Madiun menjatuhkan pidana 4 tahun penjara dengan membayar denda Rp 800 juta subsider 2 bulan kurungan penjara. 

PDTH juga dilakukan kepada Aiptu Su yang saat itu menjabat Banit Satsabhara Polres Madiun Kota. Yang bersangkutan meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam kurun waktu 449 hari kerja secara berturut-turut (disersi) atau tidak melaksanakan dinas tanpa izin pimpinan, terhitung sejak 21 Juni 2016 hingga 11 April 2018.

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Miechell Octovy Koagouw

    Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00