• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Keluarkan Panggilan Pemeriksaan Buat Harun Masiku

17 January
11:10 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan panggilan pemeriksaan kepada tersangka Harun Masiku, politisi PDI Perjuangan terkait dugaan suap Pergantian Antar Waktu (PAW) yang melibatkan eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta membenarkan perihal pemanggilan Harun terkait perkara kasus dugaan suap yang melibatkan Wahyu Setiawan.

"Yang bersangkutan HAR (Harun Masiku) dipanggil dalam kapasitasnya sebagai tersangka dalam kasus ini,” kata Ali Fikri di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Sementara itu berdasarkan informasi, tersangka Harun masih berada di luar negeri. Menurut keterangan yang disampaikan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Harun meninggalkan Indonesia pada 6 Januari 2020.

Untuk mencari keberadaan Harun Masiku, KPK telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait lainnya, seperti Mabes Polri, Intepol dan Ditjen Imigrasi dengan tujuan agar Harun segera ditemukan. 

Sementara itu kasus yang menjerat tersangka Harun itu diduga suap berkaitan dengan urusan Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI.

KPK menduga tersangka Harun berupaya menyuap Wahyu agar dapat menjadi PAW Nazarudin. KPK menduga ada keinginan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mengajukan Harun.

Hingga saat ini penyidik KPK telah menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Selain Harun Masiku dan Wahyu Setiawan, ada juga nama tersangka Agustiani Tio Fridelina, yang diketahui sebagai mantan anggota Badan Pengawas Pemilu dan berperan menjadi orang kepercayaan Wahyu dan juga tersangka Saeful.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00