• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ekonom Sri Adiningsih Sebut Kota Kecil akan Tumbuh Pesat karena Digitalisasi

15 January
19:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Lembaga riset Institute of Social Economic and Digital (ISED) memperkirakan pertumbuhan digital di Indonesia khususnya di daerah akan diprediksi akan mengalami peningkatan pesat sepanjang 2020.

Sri Adiningsih sekarang ekonom  senior sekaligus Founder ISED kepada wartawan di Jakarta mengatakan kota-kota kecil di Jawa maupun di luar Jawa diprediksi akan semakin berkembang pesat seiring dengan  perkembangan dunia digital.

"Kota-kota kecil akan tumbuh pesat,  di Jawa dan di luar Jawa juga mulai menggeliat, di Jawa seperti pantura, jalur tengah dan selatan ini sudah kelihatan menggeliat, 5 tahun ke depan itu sudah pasti akan tumbuh pesat," kata Sri Adiningsih dalam acara ISED Series Outlook Digitalisasi Indonesia 2020 di Gedung Sarinah, MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh McKinsey and Company tahun 2019 memperkirakan jumlah lapangan kerja baru yang muncul. Hal itu terjadi karena masuknya teknologi digital ke sektor layanan kesehatan, konstruksi, manufaktur dan ritel di Indonesia jauh lebih besar dari lapangan kerja yang hilang.

Secara khusus, dalam laporan penelitian tersebut memperkirakan nantinya akan ada 26 juta sampai 46 juta pekerjaan baru yang diakibatkan oleh masuknya teknologi ini ke sektor-sektor tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa ada kurang lebih 10 juta jenis pekerjaan baru yang berbeda dengan jenis pekerjaan sebelumnya. Implikasi temuan ini adalah perlunya perubahan di sektor pendidikan yang menuntut penyesuaian terhadap kebutuhan tenaga kerja.

"Kalau kita cermati pertumbuhan travel dan ritel dalam 5 tahun ke depan di kota-kota kecil di daerah akan terus tumbuh karena digitalisasi ini," kata Sri Adiningsih kepada wartawan.

Agar pertumbuhan digital di Indonesia dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat dan pemerintah, ISED akan fokus melakukan pelatihan, edukasi dan diskusi.

"Tetapi tumbuh pesat ini kan siapa yang memanfaatkan dan produknya apa, ini khan perlu diantisipasi dengan baik oleh Pemda dan masyarakat dengan pelatihan, supaya masyarakat ini SDM-nya sesuai dengan kebutuhan saat ini,” jelasnya.

“Ini yang saya harapkan pemerintah dan pemda memberikan pelatihan agar transformasi digital ini menjadi prioritas untuk lima tahun ke depan," pungkas Sri Adiningsih.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00