• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jawa Timur Jajaki Peluang Pasar ke Amerika Serikat

14 January
20:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur, jajaki kerjasama bidang parwisata, SDM, serta perdagangan, dengan Amerika Serikat. Hal itu terungkap, usai kunjungan Wakil Kepala Perwakilan KBRI Washington D.C Amerika Serikat, Iwan Freddy Hari Susanto di Grahadi.

Iwan mengutarakan, untuk bidang pariwisata, uang yang dikeluarkan orang Amerika untuk berlibur sangat besar. Selain itu, rata rata kunjungan yang dilakukan juga dalam waktu yang cukup lama.

"Jadi ini juga kita dongkrak (perekonomian, red,) ujarnya, Selasa (14/1/2020).

Dalam pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tersebut, juga membahas secara spesifik upaya untuk meningkatkan SDM di Jawa Timur, melalui rangkaian program kerjasama yang ditawarkan di Amerika Serikat.

"Karena SDM menjadi salah satu program prioritas pemerintah Indonesia dan sudah menjadi perhatian Ibu Gubernur. Memang menjadi satu hal yang harus kita gali betul kita tingkatkan berbagai program kerja sama ini," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah berharap, kerjasama ini akan bersambung secara sistemik dan sinergis. Untuk kerjasama di bidang perdagangan, apakah akan ada pertemuan trader dan buyer.

"Beliau menyampaikan bahwa ada ruang yang cukup luas produk-produk Jawa Timur untuk bisa makin dikenalkan di publik Amerika," katanya.

Produk yang potensial adalah footware, yakni sepatu atau alas kaki, kemudian TPT yakni tekstil dan produk tekstil, lalu furniture.

"Saya rasa furniture Jawa Timur termasuk yang terbesar di Indonesia kan pangsa pasarnya memang harus makin diperluas," tegasnya.

Kemudian produk perhiasan, Khofifah menyebut, jika industri perhiasan Jawa Timur termasuk juga yang terbesar di Indonesia. Bagaimana sekarang juga meluaskan pangsa pasarnya di Amerika.

"Secara khusus kalau produk minapolitan adalah udang. Nah jadi potensi-potensi yang memungkinkan bisa diluaskan pasarnya di Amerika akan menjadi pintu baru bagi perluasan produktivitas dari seluruh produk-produk di Jawa Timur," harapnya.

Khofifah berharap koordinasi untuk merealisasikan kerjasama dengan memperluas pasar produk Jatim ke Amerika dapat segera dimaksimalkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00