• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemerintah Akan Upayakan Penuhi Perairan Natuna dengan Nelayan Indonesia

14 January
15:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah akan terus berupaya agar wilayah perairan Indonesia, khususnya yang dekat dengan perbatasan, terus dipenuhi oleh kapal-kapal nelayan lokal, bukan dengan kapal asing. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus mengikuti arahan dari Presiden Joko Widodo, terkait memenuhi perairan Indonesia oleh nelayan lokal. Hal ini disampaikan Edhy usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Selasa (14/1/2020).

“Kita harus penuhi, jadi arahan beliau (presiden), adalah penuhi ZEE dengan kapal nelayan kita sendiri. Kami sudah melakukan program kesana. Natuna ini kan salah satu garis perbatasan di WPP 711, wilayah penangkapan ikan kan masih banyak lagi,” jelas Edhy kepada wartawan.

Edhy yang menggantikan posisi Susi Pudjiastuti itu mengklaim bahwa pihaknya tidak ingin ada bentrok antara nelayan lokal Natuna dengan nelayan pendatang dari Pantura, jika jadi didatangkan ke Natuna.

“Natuna ini termasuk paling kecil potensi ikannya dibandingkan daerah lain. Makanya saya lapor ke beliau (Presiden) juga, kami akan fokus di ZEE yang lain Pak. Jangan terlalu terpancing di sini. Kita tetap lakukan langkah-langkah,” jelas Edhy menambahkan.

Selain itu, Edhy juga mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan uji public dan meminta masukan dari masyarakat terkait evaluasi peraturan tersebut.

“Para ahli saya kumpulkan untuk menjadi penasehat. Pelaku usaha juga menjadi komisi pemangku kepentingan, supaya mereka saling mendengar satu sama lain,” pungkas Edhy.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00