• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kapolri dan Panglima Dijadwal Pantau Wilayah Morotai

14 January
10:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Ternate: Kepala Kepolisian Nagara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Idham Azis dan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kamis (16/1/2020)  melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Malut, Brigjen (Pol) Suroto melalui Kepala Bidang Humas, AKBP Adip Rojikan kepada RRI, Selasa (14/1/2020) diruang kerjanya membenarkan adanya informasi tersebut.

“Iya informasinya memang ada dan itu rencananya pada tanggal 16 Januari 2020,” ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran Kapolri dan Pnglima ke Morotai ini merupakan kunker dan Polda tetap melakukan pengamanan dengan mengerahkan beberapa personel baik di Polda maupun di Polres terdekat termasuk Polres Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

“Pastinya Brimob dan Polres terdekat sudah mulai melakukan pengamanan,” katanya.

Adip menambahkan, kunjungan Kapolri dan Panglima ke Malut ini juga merupakan  kunjungan lanjutan dari Sulawesi Setalah, Morotai dan dilanjutkan ke Provinsi Maluku.

Disentil terkait dengan apakah kunjungan ini ada kaitan dengan wilayah perairan Natuna, Kabid Humas mengaku belum mengetahui pasti agenda tersebut.

“Kalau agenda itu kami belum tau, yang pasti untuk agendanya kami belum tau pasti tapi yang pasti memang ada kinjungan,” akunya.

Kabupaten Pulau Morotai sendiri merupkan salah satu pulau paling utara di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut) yang merupakan basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II dan kemudian diambil alih oleh sekutu dan digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang Filipina dan Borneo Timur dan di abad ke 15 dan 16, Pulau Morotai berada di bawah Kesultanan Ternate.

Kabupaten Pulau Morotai yang berada di bibir Pasifik tersebut, merupakan pulau terluar Indonesia timur Provinsi Malut yang berbatasan langsung dengan negara Filipina dan juga harus mendapat pengawalan ekstra oleh aparat keamanan terutama TNI sebagai garda atau benteng pertahanan negara. (dok:antaranews).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00