• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Ini Dimsum Yang Harus Kamu Coba Di Jakarta!

12 January
15:37 2020

KBRN, Jakarta : Tempat jajan dim sum enak wajib dicoba saat cuaca mendung seperti sekarang. Apalagi jika rasanya enak dengan harga ramah di kantong.

Dim sum merupakan makanan khas dari Hong Kong. Dim sum yang memiliki arti makanan kecil ini berasal dari bahasa Kantonis. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, namun menyantap dim sum juga dapat membuat Anda kenyang.

Dim sum disajikan di dalam klakat bambu dengan cara dikukus. Ragamnya banyak, diantaranya ada mantau, shumai, har gow, hingga ceker ayam yang dimasak pedas manis yang lezat. Ini dia salah satu kreasi dim sum yang sedang hits. Shu mai bertopping lelehan keju mozzarella! Selain unik dan lezat, harganya sangat ramah di kantong. 

Tak hanya di Cina dan Hong Kong, ragam kreasi dim sum juga hadir di Indonesia, terlebih di Jakarta. Mulai dari fusion dim sum unik yang mewah hingga dim sum pinggir jalan yang ramah di kantong. 

Salah satu kedai dim sum yang saat ini sedang hits dan ramah di kantong ialah Dim Sum Benhil. Sesuai namanya, kedai ini terletak di wilayah Bendungan Hilir, Jakarta. 

Dim Sum Benhil menempati sebuah tenda hitam berukuran cukup besar di bagian depan teras sebuah ruko. Ada beberapa pilihan dim sum di kedai yang sudah berusia dua tahun ini. Mulai dari shu mai, fung zau, sukiaw hingga hakau dan fankau. Shu mainya pun beragam, seperti beef shu mai, nori shu mai, hingga yang favorit dan sedang hits, shu mai mozzarella. 

Istimewanya, di sini Anda bisa memesan 24 varian dim sum dalam satu klakat. Karenanya banyak pengunjung yang datang bersama teman-temannya ke sini. Walau terdapat banyak pilihan dim sum, andalannya ialah shu may crab, shu may nori, fung zau, dan fried fankau. 

Shu mainya berukuran cukup besar, bertekstur lembut dan sedikit kenyal. Namun fried fankau yang berisi daging ayam dan irisan wortelnya sangat renyah dan gurih. 

Kreasi Dim Sum Benhil yang saat ini sedang hits juga tak boleh dilewatkan. Ya, shu mai mozzarella! Pengunjung bisa memilih varian shu mai mana yang akan diberi topping keju mozzarella. Setelah itu, shu mai bertopping potongan mozzarella tadi di kukus kembali selama kurang lebih 5 menit hingga keju mozzarellanya meleleh. 

Kemudian bagian atas lelehan mozzarellanya di torch hingga menghasilkan sedikit bercak kecokelatan. Menu ini sangat nikmat disantap saat masih dalam keadaan hangat. Kejunya yang mulur lembut berpadu dengan shu mai yang kenyal sangat manjakan lidah.

Tak heran kalau banyak orang yang sengaja datang untuk mencoba kreasi dim sum unik ini. Harga satu porsi dim sum di sini dibanderol sebesar Rp 15.000 hingga Rp 18.000. Sedangkan untuk paket Big Bowl yang berisi 24 jenis dim sum dibanderol sebesar Rp 80.000 serta Rp 22.000 untuk seporsi shu mai mozzarella. Murah bukan?

Kalau menurut salah pembelinya bernama Eci jika anda sedang ngidam dim sum dan ingin coba kreasi dim sum dengan lelehan keju mozzarella, datang saja ke Dim Sum Benhil pasti nanti ketagihan ingin coba lagi.

"dim sum disini enak bnget, coba aja! kalau lagi ngibdam pasti nanti ketagihan " ujar Eci pembeli dimsum mozarella saat didatangi RRI, Minggu ( 12/01/2019).  (Foto : istimewa)

00:00:00 / 00:00:00