• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Intelijen Kanada Sebut Pesawat Ukraina Ditembak Jatuh Misil Iran

10 January
04:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Ottawa : Pesawat Ukraina yang jatuh di Iran, menewaskan seluruh 176 penumpang di dalamnya, diduga dijatuhkan oleh rudal Iran, kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Kamis (9/1/2020), yang mengutip intelijen Kanada dan sumber lainnya.

Seperti dikutip dari Reuters, Trudeau mengatakan pada konferensi pers di Ottawa bahwa penghancuran pesawat itu "mungkin tidak disengaja."

Penerbangan sedang dalam perjalanan ke Kiev dari Teheran pada Rabu pagi (8/1/2020), dengan 63 warga Kanada ada di antara penumpang dan kru.

“Kami memiliki intelijen dari berbagai sumber, termasuk sekutu kami dan intelijen kami sendiri. Bukti menunjukkan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal darat-udara Iran,” katanya.

Kecelakaan pesawat Ukraina International Airlines terjadi tak lama setelah Iran menembakkan rudal balistik di dua pangkalan militer AS di Irak, dan Iran dalam siaga tinggi untuk menghadapi respons militer AS.

Sebelumnya pada hari Kamis, seorang pejabat AS, mengutip sebuah tinjauan dari data satelit, mengatakan Washington telah menyimpulkan dengan tingkat kepastian yang tinggi bahwa rudal anti-pesawat menjatuhkan pesawat itu. Pejabat itu mengatakan Boeing 737-800 telah dilacak oleh radar Iran.

Washington yakin pesawat itu kemungkinan besar jatuh secara tidak sengaja, kata dua pejabat AS.

Data menunjukkan pesawat itu mengudara selama dua menit setelah meninggalkan Teheran ketika tanda panas dari dua rudal darat-udara terdeteksi, menurut salah satu pejabat.

Setelah itu segera diikuti ledakan di sekitar pesawat, kata pejabat ini. Tanda panas kemudian meperlihatkan api saat jatuh.

Kepala penerbangan sipil Iran membantah laporan tersebut yang oleh Iran sebut sebagai "rumor tidak masuk akal."

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00