• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Jerman Setujui Bangun Pusat Pendidikan Imam Masjid

9 January
23:23 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jerman : Pemerintah Jerman akhirnya mendukung Organisasi Islam Turki di Jerman (DITIB) mendirikan Pusat Pelatihan Imam di Dahlem, Nordrhein-Westfallen, Jerman. Sekretaris Negara Kementerian Dalam Negeri Jerman, Markus Kerber menyatakan pembangunan pusat pelatihan tersebut sangat penting.

“Dengan dibentuknya pusat pelatihan tersebut, prasyarat pertama telah tercipta. Yakni, untuk menambah jumlah staf dari calon imam Jerman yang dapat diatur dalam komunitas DITIB,” kata Kerber, seperti dilansir Kantor Berita Jerman, dw.com, Kamis (9/1/2020).

Adapun tujuan Jerman menyetujui langkah itu lantaran Kerber menilai Asosiasi Islam di Jerman tidak seperti gereja yang sampai saat ini belum memiliki staf keagamaan sendiri.

“Pusat pelatihan ini ditujukan untuk melayani, khususnya kebutuhan masyarakat dan organisasi Muslim di Jerman,” terang Kerber.

Jerman, lanjutnya, juga sudah memiliki Perguruan Tinggi atau universitas yang mendidik para Teolog Islam dalam beberapa tahun terakhir ini. Tetapi, belum ada pelatihan praktis untuk persiapan bagi mereka yang ingin bekerja di komunitas Islam. Sedangkan, para imam di berbagai komunitas masjid di Jerman selama ini umumnya berasal dari mancanegara.

DITB, sebagai organisasi Islam terbesar di Jerman menyambut dengan antusiasme dukungan Pemerintah Jerman. Pusat Pelatihan Imam DITIB telah resmi dibuka hari ini, Kamis (9/1/2020).

Seperti dilansir Harian Jerman Welt dan DPA, hingga saat ini, terdapat seribu lebih imam DITIB di Jerman berasal dari Turki. Mereka, para imam didanai oleh Otoritas Agama Turki, Diyanet. Politisi Jerman, juga telah lama menyerukan pemisahan struktural, keuangan, dan politik organisasi tersebut.

Padahal, pemerintahan Nordrhein-Westfallen sembapt menghentikan kerja sama dengan DITIB. Namun, pemulihan kerja sama telah kembali tumbuh. Langkah pendirian pusat pelatihan imam di kawasan Eifel, Jerman ini menjadi awal yang menandai konsep baru telah diumumkan DITIB sebagai organisasi Islam terbesar di Jerman.

Menurut catatan DITIB, sebanyak 70 lulusan sarjan akan dilatih sebagai komisioner agama atau imam dalam waktu dua tahun. Sebelumnya, mereka telah lulus pendidikan di Jerman dan studi Teologi di Turki.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00