• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Tutup 2019, Kejati Jatim Selamatkan Rp 10 T Kerugian Negara

31 December
16:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Sepanjang 2019, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) berhasil melakukan eksekusi terhadap perkara Tindak Pidana Korupsi sebanyak 106 perkara. Sedangkan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah pada kasus Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT YEKAPE sebesar kurang lebih Rp 10 triliun.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Muhammad Dofir mengungkapkan, saat ini untuk kasus YKP dan PT YEKAPE masih dalam tahap penyidikan. Dimana dalam perkara ini, aset telah dikembalikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

"Perkara YKP dan PT. YEKAPE adalah tindak pidana korupsi penyalahgunaan aset dan keuangan," ungkap Dofir kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).

Selain itu, beberapa kasus tindak pidana korupsi yang cukup menonjol di lingkup wilayah Kejati Jatim, antara lain, perkara pengadaan floating dock dengan kapasitas 8.500 TLC di PT. DOK, dan Perkapalan Surabaya (Persero) pada 2015. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 63 miliar.

"Satu perkara tahap upaya hukum, dan satu perkara tahap persidangan," tambahnya.

Kemudian perkara tindak pidana korupsi pelaksanaan kegiatan dana hibah Pemerintah Kota Surabaya 2016, dengan kerugian negara sebesar Rp 4,9 miliar, yang dilakukan oleh 6 (enam) anggota DPRD Kota Surabaya.

"Saat ini dalam tahap penuntutan," tambahnya.

Selain itu, ada pula pengungkapan perkara tindak pidana korupsi pengadaan mesin percetakan pada PT. Bangkit Grafika Sejahtera (PT. BGS), dengan kerugian negara sebesar Rp 7,4 Miliar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00