• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Belitung Timur, Miliki Produk Unggulan Dodol Aneka Rasa

27 December
12:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manggar : Pemerintah Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah menjadi ciri khas desa tersebut. yakni pembutan dodol dengan aneka varian rasa. Diantaranya; ketan, kacang dan durian

"Saat ini kita sedang melakukan diversifikasi produk dodol tersebut, dengan membuat kemasan yang lebih menarik. Kemudian kita juga sedang mempersiapkan galeri untuk menampung hasil - hasil UMKM yang ada di desa lalang," ungkapnya, jumat (27/12/2019).

Dikatan Radianta Alfidtri, untuk mempersiapkan galeri tersebut, pihaknya memiliki dua opsi yang akan dilakukan. Pertama dengan melakukan kerjasama ke pihak BKP maupun pariwisata, dikarenakan mereka memiliki galeri yang belum dimanfaatkan. Sedangkan opsi yang kedua, jika opsi pertama tersebut tak dapat dilakukan. Maka pihaknya akan membangun galeri desa sendiri.

"Ini yang akan terus kita kembangkan. selama ini banyak wisatawan yang langsung datang ke desa kami untuk membeli dodol tersebut. Mudah - mudahan jika nanti sudah ada galerinya, kita harapkan selain memudahkan wisatawan  dalam mendapatkan produk tersebut. Nantinya kita bisa mengirim dodol ini keluar daerah," jelasnya.

Diakui dirinya, sampai dengan saat ini ada belasan pelaku UMKM di bidang pengolahan dodol yang ada di daerahnya. Kemudian untuk pengembang, pihaknya selalu mensuport para pelaku UMKM tersebut dengan memberikan pelatihan manajemen, packing dan pelatihan lainnya. Yang tentunya melibatkan dinas terkait.

Dia mengharapkan, kedepan sektor UMKM pembuatan dodol di desanya ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan menjadikan dodol sebagai produk unggulan dari desa lalang.

00:00:00 / 00:00:00