• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEA GAMES

KONI Sumut Janjikan Bonus Rp 100 Juta bagi Peraih Emas SEA Games

16 December
19:50 2019

KBRN, Medan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi akan memberikan reward kepada para atlet dan pelatih berprestasi di SEA Games 2019 Manila, Filipina. Pemerintah menjanjikan reward berupa pemberian bonus uang kepada para patriot olahraga Sumut yang telah menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia di multi event olahraga dua tahunan di tingkat Asia Tenggara itu. 

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, pemberian bonus akan dilakukan paling lambat sebelum akhir Desember 2019. Bahkan, harusnya bonus akan diserahkan langsung oleh gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada Senin (16/12). Karena adanya pertemuan di Jakarta, sehingga harus ditunda.

“Kita mau menyerahkan ingot – ingot namnaya untuk atlet peraih medali di SEA Games. Harusnya hari ini, tapi karena Gubernur ada pertemuan Jakarta kita tunda. Kita tunda, Insya Allah mungkin sebelum berakhir tahun mereka dapat bonus dari pemerintah provinsi Sumut,” kata John.

Terkait jumlah besaran bonus yang bakal diterima, dikatakan John untuk masing – masing peraih medali tentu berbeda. Diperkirakan bagi peraih medali emas nomor tunggal akan mendapat uang pembinaan senilai Rp 100 juta. Medali perak Rp 50 juta, serta medali perunggu Rp 25 juta. Jumlah ini tentu lebih meningkat dibanding bonus tahun 2017. Kala itu, bonus peraih emas SEA Games menerima Rp 50 juta. Ini berarti ada peningkatan 100 persen untuk bonus medali emas. 

“Tahun ini emas Rp 100 juta kalau perorangan. Peraknya Rp 50 juta dan perunggu Rp 25 juta. Kita tetap terapkan aturan itu. Jadi mereka tetap terima,” jelas John.

Dikatakan John, pemerintah provinsi terutama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terus berkomitmen akan tetap memberikan apresiasi kepada para patriot olahraga berprestasi, karena telah mengharumkan nama daerah dan negara.

“Seperti Harris itu sudah terima dari pusat hampir 1 miliar itu, tetapi tetap pak gubernur selalu menyatakan bahwasanya bagi yang berprestasi selalu ada apresiasi,” ungkap John.  

Pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina, Sumut total menyumbangkan  4 medali emas, 6 perak, dan 6 perunggu, sekaligus mengantarkan Indonesia total mengumpulkan 72 medali emas, 84 perak, dan 11 perunggu dengan menduduki posisi empat.

00:00:00 / 00:00:00