• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEA GAMES

Atlet Sumut Harusnya Bisa Lebih Berprestasi di SEA Games

16 December
19:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Atlet Sumatera Utara turut menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Dari jumlah 25 atlet dan ofisial Sumut yang berlaga di SEA Games, total menyumbangkan  4 medali emas, 6 perak, dan 6 perunggu, sekaligus mengantarkan Indonesia total mengumpulkan 72 medali emas, 84 perak, dan 11 perunggu dengan menduduki posisi empat besar di klasemen akhir.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menjelaskan, medali emas disumbangkan melalui cabang olahraga polo air, bowling, dan wushu. Keempatnya melalui Peboling putri Aldila Indriyati (Ganda Campuran), peboling putra Hari Rachmadian (ganda putra), pewushu putra Harris Horatius (Duel beregu putra), dan Silvester G Manik (polo air).

“Dari total medali yang kita dapat 4 emas, 6 perak, dan 6 perunggu. Empat emas itu memang tidak ada perorangan ya. Kalau bowling dua – duanya dari Mix. Kemudian emas dari polo air ada pemain kita di Timnas. Kemudian Wushu itu adalah trio dia emas. Tapi wushu itu dia juga meraih dua medali perak. Jadi Harris Horatius meraih satu medali emas dan dua perak,” ucap John di Medan, Senin (16/12). 

Dari perolehan medali dikatakan John memang ada peningkatan jumlah medali perak dibanding SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu, atlet Sumut menyumbangkan 4 emas, 4 perak, dan 6 perunggu. Namun pada SEA Games 2017 medali emas disumbangkan melalui nomor individu. Sedangkan SEA Games 2019, medali emas Sumut melalui nomor beregu dan ganda. Menurut John, harusnya atlet Sumut bisa meraih prestasi lebih lagi.

“Kalau dilihat dari jumlahnya meningkat (medali). Tapi kalau tahun 2017 kan ada perorangan medali emas. Ini kemarin Harris perorangan hanya dapat perak. Sebenarnya bisa lebih banyak lagi berprestasi,” kata John.

Di sisi lain, menurut penilaian John bahwa ada beberapa atlet yang sebenarnya memiliki peluang besar untuk meraih medali emas. Namun, faktor tuan rumah dan hal non teknis membuat target tidak tercapai.

“Tapi, kalau kita melihat kompetisi kemarin itu kan Daniel Cuma dapat medali perunggu ya. Harusnya dia peluang emasnya besar kemarin. Ya, begitulah kalau kita melihat pertandingan di ada tuan rumahnya berambisi meraih juara umum. Kapan lagi Filipina jadi juara umum kalau dia bukan jadi tuan rumah?,” jelas John. 

Atas prestasi yang telah ditorehkan para patriot olahraga di SEA Games 2019, dikatakan John dalam waktu dekat pemerintah akan memberikan bonus sebagai bentuk apresiasi kepada atlet dan pelatih yang telah membawa nama harum Indonesia khususnya Sumut di kancah internasional.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00