• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Unindra Motivasi Mahasiswa jadi Wirausahawan

16 December
15:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sekitar 400 mahasiswa Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI Jakarta antusias mengikuti program pelatihan kewirausahaan. Program yang bertajuk "Workshop Kewirausahaan : Menjadi Pengusaha Di Era Digital" ini,  berlangsung selama seminggu mulai 15-21 Desember  di Omah Pincuk, Pasar Minggu, Jakarta. 

Dalam program kali ini, Unindra menggandeng Asosiasi Kopi Indonesia dan pengusaha Kopi Bengkulu "The Bencoolen Coffee", untuk melatih mahasiswa menjadi peracik kopi atau Barista sekaligus mengenalkan seluk beluk bisnis minuman kopi.

Menurut Dwi Rorin,  Dosen Kewirausahaan Unindra yang juga menjadi fasilitator acara ini, kegiatan seperti ini sudah dilakukan beberapa kali dengan berbagai topik bahasan.  "Lewat kegiatan ini, kita ingin memotivasi dan menumbuhkan semangat kewirausahan bagi para mahasiswa. Sehingga setelah lulus nanti, mereka tidak hanya mencari kerja, tapi juga bisa berpikir untuk berusaha sendiri sekaligus menciptakan lapangan kerja," kata dia di Omah Pincuk, Senin (16/12/2019).

Selain itu, tambah Rorin, program ini sekaligus juga merupakan bentuk "Merdeka Belajar", seperti yang selalu disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim. "Karena belajar itu kan tidak harus selalu di kampus. Dengan kita bikin acara diluar kampus dengan topik yang nyata dan bisa aplikatif, mahasiswa bisa mendapat wawasan lain selain masalah keilmuan yang didapatnya dikampus," ucap dia.

Menurut Rorin, kali ini pihaknya menggandeng The Bencoolen Coffee, produsen kopi Bengkulu yang saat ini tengah naik daun. Alasan lain, lanjutnya, karena bisnis minuman kopi saat ini tengah booming di masyarakat, sehingga mahasiswa bisa banyak belajar pengalaman praktis untuk modal berwirausaha nantinya.

"Dan yang terpenting, pihak pengusaha yang kita ajak kerjasama ini mau memfasilitasi mahasiswa kita yang mau mengembangkan bisnis minuman kopi. Sehingga mahasiswa bukan hanya dapat pengetahuan praktis, tapi sekaligus juga dapat kesempatan untuk menjadi wirausahawan," terang Rorin.

Menurut Rorin, The Bencoolen Coffee akan memfasilitasi mahasiswa yang akan membuka outlet di kampus, dengan sistem bagi hasil. Sedangkan mahasiswanya akan berperan sebagai pengelola outlet itu. "Nanti kita akan link and match kan ini dengan Inkubator Bisnis Unindra, sehingga mahasiswa kita nanti bisa benar-benar mampu untuk menjadi wirausahawan," pungkasnya.

Sementara itu Andry Ciary, Program Bencoolen Home dari The Bencoolen Coffee, mengakui pihaknya akan mendirikan seribu outlet di seluruh Indonesia. Dengan adanya pelatihan dengan melibatkan mahasiswa ini, maka nantinya mereka bisa direkrut untuk dilatih menjadi Barista profesional, atau malah bisa diarahkan untuk jadi pengusaha outlet minuman kopi.

"Kalau mereka ingin membuka outlet kopi, kita akan bantu mereka. Kita akan fasilitasi mahasiswa dengan harga khusus supaya mereka bisa membuat outlet kopi sendiri,. Kita juga akan bekerjasama dengan kampus-kampus untuk membuat outlet minuman kopi. Kita siapkan seluruh sarananya, dan kampus hanya menyediakan mahasiswa yang akan menjadi pengelolanya," ujar Andry.

Workshop kewirausahaan yang melibatkan dunia usaha ini, dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa yang mengikuti program. Ini. Handian, mahasiswa  semester 5 Fakuktas Pendidikan Bahasa Inggris Unindra mengaku, banyak ilmu dan wawsan baru yang didapatnya.

"Manfaatnya sangat banyak ya. Kita jadi banyak tahu dan punya referensi kalau nanti mau bikin usaha sendiri. Kita jadi termotivasi untuk bisa menciptakan pekerjaan dan nggak menjadi pencari lowongan kerja. Nggak usah nunggu lulus pun, kalau bisa berusaha dan  menciptakan lapangan kerja, ya kenapa tidak," kata Handian penuh semangat.


.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00