• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

RI-AS Tingkatkan Kerjasama Perdagangan

13 December
13:51 2019
1 Votes (1)

KBRN, Los Angeles : Menandai 70 tahun hubungan diplomatik RI-Amerika Serikat, meningkatkan kerja sama jalur perdagangan. Peningkatan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara PT. Pelabuhan Indonesia II dengan Port of Los Angeles, Kamis (12/12/2019), seperti yang tertuang dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Jumat (13/12/2019).

Dokumen Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Presiden Direktur Pelindo II, Elvyn G Masassya, dan Executive Director Port of Los Angeles, Gene Seroka serta disaksikan oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud Krisnawan dan Harbor Commissioner Lucia Moreno-Linares.

MoU Kerjasama kedua pelabuhan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sharing information bidang bisnis dan perdagangan, meningkatkan efisiensi digital supply chain, kerjasama di bidang lingkungan dan pengembangan infrastruktur pelabuhan. “Kedepannya, kerjasama operator pelabuhan terbesar di Indonesia dan Amerika Serikat ini tentunya akan meningkatkan efisiensi dan menambah nilai perdagangan antara kedua negara” ujar Konjen RI yang terus memfasilitasi komunikasi antara kedua pihak selama perundingan MoU tersebut. 

Selanjutnya, dalam acara perayaan penandatanganan MoU tersebut, Konjen RI juga menyampaikan harapannya agar dapat dilaksanakan kerjasama lainnya antara kedua negara, termasuk revitalisasi kerjasama sister city antara kota Jakarta dan kota Los Angeles.

Acara perayaan dilaksanakan di Restoran Indonesia “KASIH” di pusat kota Los Angeles. Para undangan yang terdiri dari para pejabat kota Los Angeles, diantaranya Wakil Walikota untuk Hubungan Internasional, Los Angeles Chambers of Commerce, perusahaan perkapalan serta para pengusaha importir produk Indonesia disuguhi berbagai kuliner khas Indonesia. Pilihan tempat ini juga menyiratkan keinginan kuat berbagai pihak di Los Angeles untuk menjalin persahabatan dengan Indonesia. 

MoU kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari proyek kolaborasi di awal tahun 2019 antara kedua operator pelabuhan tersebut, yaitu Video Direct Shipping Service Jakarta-Los Angeles oleh perusahaan pelayaran CMA-CGM. Dengan Direct Service waktu tempuh pelayaran menjadi 23 hari yang merupakan percepatan 7 hari, sehingga pada akhirnya membuat produk ekspor Indonesia di Amerika Serikat menjadi lebih efisien dan kompetitif.
Tahun 2019 merupakan tahun ke-70 Hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Hubungan resmi diplomatik antara kedua negara dimulai dari pembukaan Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia pada tanggal 28 Desember 1949 dan Kedutaan Indonesia di Amerika Serikat tanggal 20 Februari 1950. Hubungan kedua negara sejak itu berkembang mencakup kerjasama di berbagai sektor, sampai pada tahun 2015 telah disepakatinya kerjasama “Strategic Partnership” yang mencakup enam sektor, yaitu kerjasama Maritim, Kerjasama Pertahanan, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan; Kerjasama Energi; Peningkatan Kerjasama  dalam Isu-isu Global dan Regional; serta People-to-People Contact.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00