• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Sebelum Puting Beliung Landa 14 Kabupaten, BMKG Jatim sudah Keluarkan Peringatan Dini

12 December
01:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur (Jatim) ternyata telah mengumumkan peringatan dini atas potensi angin puting beliung yang terjadi pada hari ini. Peringatan dini itu ada sebelum 14 kabupaten di Jatim dilanda angin puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Subhan Wahyudiono menjelaskan, peringatan dini itu dikeluarkan BMKG pada siang tadi.

"Memang tadi pukul 13.30 WIB itu aktif peringatan dini cuaca Jawa Timur dari BMKG sudah dirilis," ungkapnya saat wawancara bersama Radio Republik Indonesia, Rabu (11/12/2019).

BMKG dijelaskannya mengeluarkan peringatan dini atas potensi angin puting beliung di beberapa wilayah. Diantaranya adalah Kabupaten Bangkalan, Lamongan, Bojonegoro dan sebagainya. Pihaknya pun ikut menyebarkan informasi tersebut ke masyarakat luas.

"Sudah kami sebarkan bahwa di daerah tersebut seperti Bangkalan, Lamongan, Bojonegoro dan daerah terdampak lainnya memang sudah masuk dalam update peringatan dini cuaca Jawa Timur hari ini," katanya.

Selang beberapa lama, lanjut Subhan, dari 34 kabupaten, 14 kabupaten di Jatim pun tertimpa angin puting beliung.

"Mulai jam 13.30 WIB itu, angin puting beliung terjadi di Bangkalan, Nganjuk, Blitar. Selanjutnya jam 14.15 WIB itu disusul Kabupaten Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Jember, Kabupaten Malang, selanjutnya Lumajang, jam 15.00 WIB. Di sore juga Magetan, Magetan ini sore tadi. Ada 14 kabupaten yang terdampak angin kencang ini," urainya.

Akibat angin puting beliung tersebut, beberapa rumah warga pun dilaporkan rusak ringan. Bebrapa ruas jalan pun sempat tertutup pohon tumbang.

"Jalan yang tertutup pohon tumbang sudah langsung ditangani," demikian Subhan. (Foto : Tangkap Layar YouTube/ Ilustrasi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00