• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Kalakai, Sayuran Kaya Manfaat

11 December
14:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Tidak pas rasanya jalan-jalan jika tak mencoba masakan khas Kalimantan, khususnya di Kalimantan Tengah, Palangkaraya.

Mungkin terdengar biasa di kalangan sayur mayur, tapi tahukah anda, jika bahwa sayur lokal ini banyak di temui di hutan Kalimantan.

Sayur itu bernama sayur Kalakai (Stenochlaena palustris) adalah jenis dari pakis atau tumbuhan paku-pakuan, yang termasuk dalam kerajaanPlantae dan divisi Pteridophyta (paku-pakuan).

Kalakai termasuk tumbuhan yang gampang dan cepat beradaptasi dengan alam, sehingga bisa tumbuh dimana saja, seperti di batang-batang pohon, kayu-kayu yang sudah lapuk maupun lahan kering.

Meski begitu, sayur lokal ini akan tumbuh subur di lahan bergambut karena intensitas air yang cukup banyak sehingga mempermudah perkembangannya.

Sebagai informasi, Kalakai terdiri dari dua jenis, ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hijau, berakar serabut dan tumbuh merambat, batangnya berwarna hijau, keras dan beruas

Daun yang sudah tua akan berwarna hijau segar, sedangkan daun yang masih muda berwarna merah dan berlendir pada tangkainya, daun yang masih muda inilah yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah untuk dikonsumsi.

Manfaat yang terkandung dari sayur Kalakai ini sendiri bertujuan untuk merangsang produksi ASI bagi ibu-ibu yang baru melahirkan dan diketahui bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia, sehingga mengkonsumsi kalakai dapat menambah volume darah, sehingga merangsang produksi ASI.

Memang belum banyak penelitian tentang kalakai, namun dilaporkan oleh Irawan et al (2003) bahwa kalakai mengandung Fe yang tinggi dan kaya vitamin C dan beta-karotin.

Rasa yang gurih membuatnya sangat ramah untuk disajikan di tengah keluarga sebagai teman makan.

Seperti yang diakui pelanggan Anang, saat mencicipi sayur Kalakai rasanya gurih, dan enak, sehingga sangat pas untuk menemani makan siang.

"Enak rasanya, gurih, suka deh pokoknya," ungkapnya pada saat berada di warung makan La Sarai, yang berada di Palangkaraya, Senin (9/12/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00