• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BNPB: 7 Target untuk Kurangi Resiko Bencana Hingga Tahun 2020

9 December
20:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki 7 target agenda global untuk mengurangi resiko bencana yang harus dicapai hingga tahun 2030.

Direktur Pengurangan Resiko Becana BNPB, Dr Raditya Jati di sela-sela Workshop Akhir BNPB  di Ratu Boko Meeting Room mengatakan, ada 7 target untuk mengurangai resiko bencana hingga tahun 2020 tersebut yakni  mengurangi korban jiwa, mengurangi warga terdampak.

”Selain itu,  mengurangi kerugian sosial ekonomi dan budaya, mengurangi kerugian kerusakan infrastruktur kritis, meningkatkan strategi pengurangan nasional dan daerah, meningkatkan kerjasama internasional dan meningkatkan aksesibiltas peringatan dini untuk masyarakat, tandasnya, Senin (9/12/2019) sore.

Dikatakannya,  pemetaan ini akan mengisi target yaitu mengurangi kerugian sosial ekonomi dan budaya termasuk mengurangi kerusakan infrastruktur.

Juga mengisi kerjasama internasional dengan UNESCO dan termasuk pengurangan resiko bencana di tataran nasional dan daerah.

“Juga ada BPJB DIY dan Jawa Tengah  sebagai  penanggung jawab  untuk  menyelamatkan cagar budaya yang ada di Indonesia, lanjutnya.

Lebih lanjut Dr Raditya Jati mengatakan,  salah satu pemicu kerusakan untuk cagar budaya karena adanya bencana.

“Kita berada di kawasan cesar aktif yang  artinya kita berada di kawasan yang beresiko tinggi. Aapabila kita tidak tahu dan tidak menyiapkan strategi karena  kita berada di kawasan yang beresiko tinggi terjadi bencana sehingga mereka harus tahu apa yang harus mereka lakukan, ujarnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00