• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Nataru Harga Kepokmas di Subang AlamiFluktuasi Harga

8 December
15:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Menjelang natal dan tahun baru, harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Pasar Rakyat Sukamelang Subang, mengalami fluktuasi harga.

Dari pantauan RRI di Pasar Rakyat Sukamelang Subang, harga kepokmas yang mengalami fluktuasi itu seperti harga cabe merah biasa dari harga sebelumnya Rp28 ribu per-kilo gram, kini dijual dengan harga Rp25 ribu per-kilonya. Sedangkan untuk harga cabe rawit hijau naik Rp3 ribu per-kilo-gram, dari harga jual sebelumnya Rp25 ribu naik menjadi Rp28 ribu per-kilo. Harga bawang merah juga mengalami penurunan harga dari harga Rp30 ribu per-kilo, saat ini dijual dengan harga Rp28 ribu per-kilo gram.

Namun untuk harga wortel naik dari harga Rp10 ribu per-kilo menjadi Rp12 ribu per-kilonya, diikuti harga kacang buncis yang semula Rp20 ribu per-kilo gram, naik menjadi Rp24 ribu per-kilo gram.

Sementara itu Yudi (56) pedagang kepokmas di Pasar Rakyat Sukamelang saat di tenui RRI membenarkan, menjelang natal dan tahun baru kali ini, sejumlah harga kepokmas mengalami pluktuasi harga.

"Menjelang natal dan tahun baru kali ini, harga kepokmas di Pasar Rakyat Sukamelang ini, ada yang mengalami kenaikan harga, ada juga yang harganya turun," ungkap Yudi kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Minggu (8/12/2019).

Yudi menyebutkan, untuk sejumlah kepokmas yang mengalami pluktuasi harga itu yakni, komoditas sayur-mayur dan bumbu dapur.

"Seperti cabe merah biasa, cabe rawit hijau, bawang merah, wortel dan kacang buncis," terangnya.

Pluktuasi harga kepokmas di Pasar Rakyat Sukamekang itu dikatakan Yudi, baik penurunan harga maupun kenaikan harga rata-rata berkisar antara Rp2 ribu hingga Rp4 ribu per-kilo gramnya.

"Rata-rata penurunan dan kenaikannya antara Rp2 ribu hingga Rp4 ribu per-kilonya," jelas Yudi.

Yudi menyatakan, penyebab harga kepokmas mengalami fluktuasi harga saat menjelang natal dan tahun baru kali ini, dipengaruhi cuaca buruk saat ini, sehingga pasokan stok kepokmas ke Pasar Rakyat Sukamelang Subang tersendat.

"Penyebabnya sih cuaca buruk yang terjadi saat ini, sehingga berpengaruh terhadap pluktuasi harga kepokmas di Pasar Rakyat Sukamelang saat ini," pungkas Yudi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00