• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Inilah 8 Panduan Memilih Jam Tangan Wanita

7 December
21:05 2019

KBRN, Jakarta : Selain anting dan kalung, jam tangan diketahu telah menjadi aksesori yang paling banyak digunakan oleh para wanita. Bukan hanya sebagai penunjuk waktu, jam tangan saat ini dipakai untuk pelengkap gaya dengan berbagai model kekinian yang juga mengikuti tren fashion. 

Seperti diketahui, fashion dan wanita adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan serta saling melengkapi. Karena itu, wanita kerap coba mengombinasi beragam barang dan aksesori yang dimiliki untuk menunjang gaya dalam beraktivitas sehari-hari, salah satunya yaitu jam tangan. Salah satu produk jam tangan yang saat ini digandrungi oleh para wanita adalah Alexandre Christie.

Meski begitu, urusan memakai jam tangan sebenarnya bukan hanya persoalan gaya semata. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menggunakan jam tangan seperti berikut:

1. Mengenakan Jam Tangan di Tangan Kanan atau Kiri.

Kebanyakan orang, termasuk para wanita sering kebingungan ketika ingin mengenakan jam tangan. Apakah seharusnya dikenakan di tangan kiri atau tangan kanan. Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa biasanya pria menggunakan jam tangan di pergelangan tangan sebelah kanan. Sedangkan untuk wanita justru sebaliknya. Lantas, bagaimana dengan orang kidal?

Sebenarnya tidak ada aturan yang benar-benar mengikat tentang persoalan ini. Meskipun salah satu aliran kepercayaan membahasnya. Dalam keyakinan tersebut dinyatakan bahwa jika jam tangan digunakan sebagai penanda waktu, maka dikenakan di sebelah kiri. Apabila digunakan sebagai perhiasan, maka tangan kanan adalah pilihannya.

Pendapat lainnya menyebutkan bahwa pada awalnya, jam tangan didesain untuk dipakai di tangan sebelah kiri. Itulah kenapa pengatur jam itu diletakkan di sisi sebelah angka tiga bukan angka sembilan. Jadi, tidak masalah apakah kamu ingin menggunakan jam tangan di sebelah kanan atau kiri.

2. Harus Tampak Simpel.

Jika kamu ingin menambah aksesori untuk melengkapi gaya penampilanmu, disarankan agar jangan terlalu ramai. Jika ingin menambahkan gelang, pakailah satu atau dua gelang. Pasalnya, jam tangan sendiri merupakan salah satu bentuk perhiasan. Jadi, jangan sampai terlalu heboh dalam memakainya ya!

3. Beda Kegiatan, Beda Bahan Jam Tangan.

Jika kamu termasuk wanita yang menggemari mengenakan jam tangan, kamu harus lebih berhati-hati. Jangan sampai kamu salah mengenakan jam tangan untuk acara tertentu. Berikut adalah panduan yang bisa membuat kamu leih mudah memahaminya.
Bahan stainless steel: Bahan ini sangat bagus untuk acara resmi. Meskipun begitu kamu bisa memakai jam tangan ini ke acara kasual. Asalkan bukan untuk event outdoor atau sport ya!

Bahan NATO/ZULU/Nylon: Kamu bisa memakai jam tangan berbahan ini untuk acara tidak resmi alias kasual. Bahan canvas: Untuk anak muda yang ingin terlihat kasual, lebih baik menggunakan jam tangan berbahan ini.

Bahan rubber: Jika kamu menyukai dengan dunia outdoor, sport, dan aktivitas berat, pilihan yang cocok adalah rubber. Hal ini dikarenakan bahannya yang lentur.

Bahan leather : Bahan ini merupakan pahan paling fleksibel. Kamu bisa menggunakannya untuk acara formal maupun tidak formal.
4. Cocok dengan Ukuran Tangan
Cara memakai jam tangan yang tepat adalah tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Jam tangan bukanlah gelang, jadi pilihlah yang sesuai dengan ukuran tangan kamu.

Untuk masalah ukuran jam juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran jam terlalu kecil, padahal tanganmu lumayan besar. Saat membeli jam tangan, sebaiknya kamu pahami dulu ukuran tangan kamu, baru memilih ukuran jam tangan.

Selain hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan tersebut, kebiasaan dalam mengenakan jam tangan ternyata juga dapat menunjukkan kepribadianmu loh. Berikut beberapa contohnya!

A. Tangan Kiri Menghadap ke Bawah.

Memiliki tanggung jawab yang tinggi membuat tipe orang yang mengenakan jam di tangan kiri dengan menghadap ke bawah ini ideal untuk menjadi pemimpin. Selain itu, ia juga dapat berpikir logis dan cepat dalam bertindak. Sikap yang perfeksionis membuatnya sulit untuk beradaptasi pada perubahan dan mudah tersinggung. Meski begitu, sikapnya yang dingin namun cerdas justru membuat banyak orang akan lebih penasaran kepadanya.

B. Tangan Kanan Menghadap Ke Bawah

Orang yang mengenakan jam seperti ini cenderung pemalu dan kurang percaya diri. Meski begitu, di balik sifat yang pendiam, ia justru menjadi pendengar yang baik. Kebiasaannya dalam memperhatikan keadaan sekitar juga membuat tipe ini cepat tanggap dan cerdas. Meski sedikit melankolis, nyatanya tipe ini merupakan orang yang peka dan perhatian loh!

C. Tangan Kiri Menghadap ke Atas.

Orang yang mengenakan jam tangan seperti ini biasanya memiliki sikap tenang dan dewasa. Ia juga cenderung dapat berpikir jernih untuk menyelesaikan masalah tanpa terburu-buru. Sikap kepemimpinan dan tanggung jawab yang dimilikinya juga tidak jarang membuat banyak orang kagum padanya. Sayangnya, sikapnya yang kaku dan cenderung teratur membuat mereka memiliki selera humor yang buruk.

D. Tangan Kanan Menghadap ke Atas.

Berkebalikan dari orang yang menggunakan jam tangan di kiri, biasanya orang-orang di tipe ini justru cenderung lebih mudah bergaul dan dan spontan. Ia tertarik untuk mencoba hal baru dan menjalani hidup dengan cara yang tidak biasa. Tidak heran banyak yang suka untuk berteman karena selera humor dan semangat yang tinggi darinya. Karena suka terburu-buru, tipe ini cenderung cuek dan tidak teliti.

E. Mengenakannya dengan Longgar.

Baik di tangan kanan atau kiri, namun jika Anda mengenakannya dengan cara longgar itu artinya kamu mempunyai kepribadian yang sedikit malas. Namun, kamu juga termasuk pribadi yang sangat supel sehingga memiliki banyak lingkaran pertemanan.

Nah, agar tidak kebingungan dalam memilih jam tangan yang cocok buatmu. Berikut ini ada 8 tips dalam memilih jam tangan wanita yang tepat!

1. Sesuaikan dengan Warna Kulitmu
Untuk yang mempunyai warna kulit cerah, kamu beruntung karena bisa memilih beragam warna saat mengenakan jam tangan, mulai dari yang cerah hingga gelap.
Warna yang cerah seperti putih, kuning, atau merah. Kemudian, memilih warna gelap seperti hitam atau cokelat akan terlihat kontras dengan kulitmu.

Nah, untuk kamu yang memiliki warna kulit gelap, ada baiknya memilih warna-warna netral seperti abu-abu, krem, dan warna netral lainnya.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Dalam memilih jam tangan yang cocok, faktor kenyamanan tentunya menjadi hal terpenting. Memilih jam tangan yang ideal dan nyaman tentunya bukan hanya yang sesuai dengan karaktermu saja, namun juga harus disesuaikan dengan kebutuhanmu serta aktivitas sehari-hari.

Kalau kamu adalah wanita yang sering menghabiskan banyak waktu di kantor, kamu dapat memilih jam tangan dengan desain yang elegan berbahan kulit atau stainless steel.
Untuk wanita yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti pekerja lapangan atau yang aktif berolahraga, jam tangan sporty akan cocok untuk kamu.

3. Sesuaikan dengan Pergelangan Tangan.

Untuk kamu para wanita dengan pergelangan tangan yang kecil, dapat memilih jam dengan tali yang tipis dan kepala jam yang kecil juga. Sebaiknya jangan menggunakan tali jam tangan yang tebal dan kepala besar, karena hanya akan membuat tangan kamu terlihat lebih kecil.

Nah, buat kamu yang memiliki ukuran pergelangan yang terhitung besar, kamu bisa menggunakan jam dengan tali berukuran lebar, namun tipis, dan kepala jam yang besar.
Kamu tinggal cocokkan besarnya saja, mana yang paling cocok untuk kamu. Simak penjelasan berikut ini:
Lebar lengan 15-17 cm = Jam dengan lebar 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.

Lebar lengan 19-20 cm = Jam dengan lebar 44 mm dan 46 mm.
Lebar lengan 20 cm = Jam dengan lebar 48 mm dan 50 mm.
Perhitungan di atas dapat kamu jadikan bahan pertimbangan agar ketika memilih ukuran jam terasa lebih sesuai dengan pergelangan tanganmu.

4. Perhatikan Aksesori yang Dikenakan.

Untuk memilih jam tangan, kamu juga bisa mempertimbangkannya sesuai dengan aksesoris yang dikenakan di tangan, contohnya seperti gelang atau perhiasan.
Kamu juga dapat memilih jam dengan tipe yang elegan dan klasik jika memakai perhiasan di tanganmu. Jika kamu memakai gelang biasa, dapat juga memilih tipe jam tangan casual atau sporty. Jam tipe casual ini pun juga akan ideal dikombinasikan bersama aneka perhiasan.

5. Perhatikan Material yang Dipakai.

Tidak kalah pentingnya, material yang dipakai pada jam tangan tersebut bisa dipertimbangkan. Tiap merek biasanya mempunyai material dan ketahanan yang berbeda. Kamu juga perlu mengetahui hal tersebut agar tidak menyesal pada akhirnya.
Pada umumnya, material pada tali jam adalah stainless, kulit, nilon, atau rubber. Untuk kepala jamnya, kamu dapat memilih bahan besi ataupun logam.

Sebaiknya jangan memiih kepala jam yang terlalu ringan. Hal ini karena bisa jadi kepala jam tersebut terbuat dari besi campuran, yang tentunya kurang bagus. Selain itu, perhatikan pula jenis kaca yang dipakai.
Sebagai informasi, terdapat tiga jenis kaca yang dipakai untuk jam tangan, yaitu mineral glass (lebih tahan benturan), sapphire crystal (lebih tahan goresan), dan hardlex.

6. Perhatikan Konstruksi Jam Tangan.

Setelah memperhatikan material yang digunakan, kamu juga perlu memerhatikan konstruksi dari jam tersebut. Pentingnya memerhatikan konstruksi dari jam adalah untuk kenyamanan ketika sedang mengenakannya.
Selain itu, build quality dari jam juga sangat menentukan keawetannya. Sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

7. Pilih Jam Tangan yang Sesuai Karakter Dirimu.

Selanjutnya, ketika memilih jam tangan, sebaiknya sesuaikanlah dengan karakter dirimu. Dengan menggunakan jam yang sesuai dengan karakter dirimu, niscaya pasti akan senantiasa lebih nyaman saat memakainya.

Jika kamu merasa sebagai wanita yang feminin, dapat juga memilih model jam tangan yang elegan atau yang beronamen lucu dengan warna-warna yang soft.
Sebaliknya, jika kamu merasa sebagai wanita yang aktif dan berpenampilan santai, sebaiknya memilih jam unisex atau yang bergaya sporty.

8. Pilih Model Jam yang Ngetren dan Merek Tepercaya.

Pemilihan model jam tangan yang sedang ngetren dapat membuat gaya fashion-mu semakin terkini. Terutama jika kamu memang seseorang yang memiliki gaya kekinian, pemilihan model jam tangan yang sedang ngetren akan menunjang gayamu sehari-hari.
Selain itu, sebaiknya pilihlah juga jam tangan dengan merek yang memang sudah jelas dan tepercaya manufakturnya. Selain mempengaruhi penampilanmu, jam dengan merk tepercaya pastinya akan lebih awet dibandingkan merek yang belum jelas manufakturnya. (Rel) 

    

00:00:00 / 00:00:00