• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Amtisipasi Banjir di Pamanukan Bupati Subang Ajak Bersihkan Sungai Cigadung

6 December
15:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Memasuki musim penghujan, Bupati Subang Ruhimat, bersama jajaran muspika dan warga Pamanukan, serta Legonkulon melakukan gotong royong bersih-bersih sungai Cigadung yang mengalir dari Pamanukan hingga Legonkulon.

Dari pantauan RRI  dilapangan, ribuan warga terlihat bahu membahu  bergotong-royong membersihkan aliran sungai Cigadung dari Pamanukan hingga Legonkulon

“Kegiatan kerja bakti membersihkan aliran sungai Cigadung ini dalam rangka upaya mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menanggulangi dampak musim penghujan, yakni banjir yang rutin melanda kawasan Pamanukan akibat luapan sungai Cigadung ” ujar Ruhimat disela-sela kegiatan membersihkan aliran Sungai Cigadung dikawasan Desa Pamanukan Hilir, Jumat,(6/12/2019).

Menurut Bupati, seluruh elemen masyarakat sengaja diajak membersihkan aliran sungai Cigadung ini, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk turut serta merawat dan melestarikan sungai.

“Kita libatkan 3.600 orang dari berbagai lapisan masyarakat, dibantu BPBD, Tagana, LSM,Ormas, Okp, dan TNI-POLRI, untuk membersihkan aliran sungai Cigadung ini, kita bersihkan di tengah-tengah supaya sampahnya dan tumbuhan yang tumbuh berkurang dialiran sungai Cigadung ini,” terangnya.

Dikatakan Ruhimat, banyaknya sampah di sungai Cigadung, yang menjadi penyebab utama meluapnya aliran sungai di kawasan tersebut dikala musim penghujan. “Sampah-sampah inilah, yang merupakan sampah rumah tangga, yang menyumbat aliran air, yang menjadi penyebab bencana banjir di wilayah Pamanukan dan sekitarnya,” tegas Ruhimat.

Maka dari itu Bupati Ruhinat, mengimbau masyarakat diimbau tidak buang sampah ke aliran sungai. Karena menjadi penyebab utama banjir yang terjadi di wilayah Pamanukan setiap musim hujan.

"Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai, maka saya meminta agar masyarakat untuk tidak membuang sampah langsung ke sungai terutama sampah plastik yang selama ini banyak menyumbat aliran sungai," imbuhnya.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini rencananya akan terus digelar hingga sungai Cigadung ini bersih dari sampah, bahkan untuk kegiatan bersih-bersih sungai ini Sabtu (7/12/2019) besok dilanjutkan di aliran sungai Cipanggilingan Kecamatan Subang.

 Selain dihadiri Bupati Subang, kegiatan kerja bakti membersihkan sungai Cigadung ini juga dihadiri oleh Sekda Aminudin Subang, Dandim 0605 Subang Letkol (Arm) Edi Maryono, Kadis PUPR, BPBD. Dalam kegiatan tersebut juga diturunkan 2 unit alat berat.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00