• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Komisi X Minta Pelaksakaan Pendidikan Berkarakter Merata

5 December
18:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi X DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan sejumlah rektor Universitas Negeri, serta lembaga dan praktisi pendidikan membahas progam kerja sistem pendidikan nasional tahun 2020. 

Anggota Komisi X, Rian Firmansyah menyatakan pendidikan tidak saja mentransfer kecakapan efektif dan kognitif atau ilmu pengetahuan, namun juga harus dapat memberikan karakter yaitu sikap dan kecakapan.

Rian Firmansyah yang merupakan politisi dari Fraksi Nasdem ini menyebut pendidikan karakter penting untuk menghasilkan siswa tidak hanya berprestasi namun berbudi luhur. Untuk itu, Komisi X meminta setiap satuan pendidikan memberikan pendidikan karakter yang menyeluruh, dimana hal ini juga untuk mencegah dampak negatif era digitalisasi yang bebas mempengaruhi siswa siswi.

"Penguatan pendidikan karakter Perpres no 87 tahun 2019 di bawah satuan pendidikan, yang jadi masalah dari regulasi itu implementasi, kita sepakat hampir 14 tahun regulasi ada dan tidak pernah diimplementasikan," ungkap Rian Firmansyah saat RDPU di Ruang Komisi X, DPR RI, pada Kamis (5/12/2019).

Sementara itu, Praktisi Pendidikan, Itje Khodijah menyebut permasalahan yang urgent di dunia pendidikan yaitu kurangnya guru guru di daerah terutama di pelosok. Itje Khodijah yang merupakan Anggota Badan Kreditasi Nasional Sekolah menyoroti kekurangan guru di daerah daerah yang mengkhawatirkan. Pemerintah diharapkan dapat meratakan penyebaran guru ke pelosok dan perbatasan, agar guru tidak lagi bertumpuk di kota kota.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00