• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Sidoarjo Rawan Angin Puting Beliung

4 December
18:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sidoarjo : Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menyiagakan sebanyak 200 personel untuk mengantisipasi bencana alam, salah satunya angin kencang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawiro, mengatakan selain menyiagakan personil petugas juga memetakan wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam.

“Kami menyiagakan 200 personel tanggap bencana, termasuk juga sejumlah kendaraan operasional penanganan bencana juga ikut digelar,” kata Dwijo di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (4/12/2019).

Dwijo menerangkan selama kurun waktu 2019 telah terjadi 10 kali bencana angin puting beliung di beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Menurut catatannya daerah yang rawan di antaranya Kecamatan Sedati, Kecamatan Waru, dan juga di Kecamatan Tulangan.

Sedangkan untuk wilayah rawan banjir, kata dia, berada di Kecamatan Jabon, Kecamatan Porong, Kecamatan Waru, dan Kecamatan Kota.

Baca juga: Tanah Bergerak di Tasikmalaya, 146 Rumah Rusak

“Kami sudah siagakan 200 personel menghadapi musim hujan yang diprediksi BMKG terjadi mulai bulan Desember ini. Kami akan melakukan pengecekan lagi seluruh kendaraan yang akan dipakai untuk tanggap bencana,” ucap Dwijo.

Sementera, terkait bencana kebakaran sepanjang tahun 2019, masih dari catatan BPBD Sidoarjo, telah terjadi sekitar 450 kali kebakaran. Saat ini, BPBD Sidoarjo juga sudah membangun pos pemadam kebakaran di enam kecamatan.

“Targetnya 18 kecamatan memiliki posko pemadam kebakaran,” terang Dwijo.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00