• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Dit Polairud Diminta Tingkatkan Pengawasan Wilayah Perairan NTB

4 December
14:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Di usianya ke 69 tahun, Jajaran Dit Polirud Polda NTB diminta untuk meningkatkan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas, terutama mengatasi kasus penangkapan dan penyelundupan bibit lobster di wilayah perairan NTB.

Penegasan itu disampaikan, Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, MM, pada  acara syukuran HUT Korps Kepolisian Perairan dan Udara ke 69 tahun 2019  yang berlangsung di Mako Ditpolairud Polda NTB, Jalan Pantai Cemare Lembar, Lombok Barat, Rabu (4/12/2019) siang.

Kapolda menyatakan, tuntutan profesionalitas itu sejalan  dengan  tuntutan dan harapan  dari seluruh masyarakat, agar Jajaran Polairud Polda NTB, mampu melaksanakan penegakan hukum dalam mengatasi kasus-kasus kejahatan yang  terjadi  di wilayah perairan.

Diakui   tantangan kini dan kedepan  yang dihadapi Ditpolairud Polda NTB  semakin kompleks, salah satunya mengatasi  maraknya kasus pengeboman ikan dan penangkapan serta penyeludupan beby lobster.

“Kasus ini harus menjadi prioritas utama Jajaran Ditpolairud Polda NTB, sebab  wilayah perairan NTB masih rawan  kasus pengeboman ikan dan penyeludupan baby lobster lepas dari pemantauan dan pengawasan,” ujarnya.

Kepada RRI, ia menekankan  terkait dengan persoalan penangkapan dan penyeludupan  baby lobster, pihaknya menginstruksikan  kepada seluruh jajaran Polairud NTB, agar melakukan pengawasan yang  ketat wilayah perairan

“Harus meningkatkan pengawasan dan penegakan aturan. Sebab baby  lobster sepanjang di budidayakan dan diperjualbelikan di daerah ini tidak menjadi masalah, tetapi  kalau  baby lobster ini dikirim keluar NTB, tentu saja tidak dibenarkan, kami  pasti tegakan aturan dn  melakukan   penangkapan  hingga  proses hukum,” tegas Kapolda.     

Persoalan lain yang menjadi ancaman serius untuk segera diatasi, adalah   kasus illegal fising dan penyeludupan narkoba diwilayah perairan. Ini juga harus menjadi atensi.

Karena itu, sejalan dengan thema  HUT  Kepolisian Perairan dan Udara ke 69 tahun 2019, ini adalah menuju SDM Unggul dengan Almatsus Moderen, Koprs Polairud Siap Menjaga  Stabilitas Keamanan Dalam Negeri.

Dengan thema tersebut harus disikapi secara serius oleh segenap jajaran  Polairud Polda NTB, dengan terus meningkatkan SDM dengan didukung Almatsus modern.

Seperti diketahui, saat ini  jumlah personil Polairud Polda NTB mencapai  126 orang,  jumlah  tersebut  masih jauh dari harapan, mestinya   personil harus mencapai 180 orang,  untuk bisa  menjangkau seluruh  wilayah perairan  NTB yang luas ini.

“Di  tahun 2020 Dit Polairud Polda NTB juga  akan  mendapat tambahan Kapal Patroli Tipe C,  kapal tersebut  untuk  kegiatan peningkatan kegiatan patroli di wilayah perairan NTB.

Acara syukuran HUT  Polairud ke 69, di hadiri Wakapolda NTB, Brigjen Pol. Drs. Tajuddin,MH,  para Pejabat Utama dan para Kapolres se Pulau Lombok, serta seluruh jajaran anggota Ditpolairud Polda NTB dan ibu-ibu Bhayangkari.   

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00