• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Panggil David Wickens, Saksi Tersangka Bupati Bengkalis Terkait Dugaan Suap

4 December
10:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari diajdwalkan memanggil sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap saksi bernama David Wickens. Yang bersangkutan sebelumnya diketahui merupakan Direktur PT. Sarpindo Graha Sawit Tani (PT SGST).

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta menjelaskan, pemanggilan David diduga terkait penyidikan kasus perkara Tindak Pidama Korupsi (KPK) terkait kasus perkara dugaan suap proyek pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning di wilayah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Yang bersangkutan (David Wickens) hari ini dijadwalkan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka AMU, (Amril Mikminin),” kata Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Sementara itu penyidik KPK sebelumnya telah menetapkan Amril Mukminin bersama Makmur sebagai tersangka. Penetapan status tersangka itu merupakan bagian dari pengembangan perkara dugaan tindak pidana korupsi peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis.

KPK sebelumnya telah memproses 2 orang sebagai tersangka dan mendakwa ke persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) atau Pengadilan Negeri Kota Pekanbaru.

Kedua tersangka yang telah diproses dalam persidangan itu diantaranya Muhammad Nasir mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai nonaktif dan mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Bengkalis periode masa jabatan 2013 hingga 2015 dan Hobby Siregar Direktur Utama (Dirut) PT Mawatindo Road Construction. 

Penyidik KPK meyakini bahwa tersangka ada sejumlah tersangka yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pada proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau Tahun Anggaran (TA) 2013 hingga 2015.

Mereka diduga juga terlibat dalam kasus dugaan suap terkait proyek "multiyears" pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning di Kabupaten Bengkalis.

Penyidik KPK telah menetapkan Makmur sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau Tahun Anggaran 2013-2015.

KPK menduga tersangka  Makmur bersama tersangka M Nasir dan Hobby Siregar diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

KPK menemukan adanya dugaan potensi kerugian anggaran keuangan negara dalam proyek ini mencapai Rp105,88 miliar. KPK memduga tersangka Makmur diperkaya sebesar Rp60,5 miliar.

Penyidik KPK dalam kesempatan ini juga telah menetapkan Amril sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap atau penerimaan gratifikasi terkait proyek pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning di Kabupaten Bengkalis, Riau.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00