• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Peringati HDI, Pemkot Madiun Bangun Fasum Ramah Disabilitas

3 December
09:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Kota Madiun diwarnai rasa haru. Ini setelah Dandi, seorang anak disabilitas Kota Madiun tampil membacakan puisi. Bukan sakadar puisi belaka. Puisi tersebut menceritakan tentang kehidupan anak difabel yang berbeda dengan anak pada umumnya.

Puisinya pun juga menceritakan perjuangan seorang ibu yang berusaha kuat dan tegar mengasuh anak disablitas. Tak ayal, puisi yang dibacakan dengan nada terbata-bata itu disambut tepuk tangan riuh dari semua tamu undangan yang hadir di Dumilah Park Kota Madiun, Selasa (3/12/2019).

Pada kesempatan itu, Walikota Madiun, Maidi mengatakan, pemerintah kota (Pemkot) selalu memberikan perhatian penuh kepada penyandang disabilitas. Walaupun memiliki keterbatasan secara fisik, namun mereka memiliki perlindungan dan hak yang sama.  Bahkan, sejumlah fasilitas umum di Kota Madiun pun kini kian ramah terhadap disabilitas, salah satunya trotoar.

“Kota semuanya sekarang trotoar harus sudah ramah disabilitas. Ini sudah kita mulai semua. Jadi yang tidak ada saya minta disempurnakan semua,” ungkap walikota.

Disamping itu,sebagai kepedulian dan bentuk perhatian pemkot terhadap kaum difabel, dalam waktu dekat akan dibangun taman disabilitas. Di taman itu, nantinya mereka dapat berinteraksi bersama teman, sekaligus ajang berkumpul bersama keluarga. Hanya saja, lokasinya diserahkan kepada guru disabilitas untuk memilih.

“Rencananya guru sama orang rua saya suruh milih (lokasi). Kira-kira yang dekat dengan sekolah atau yang dekat dengan transportasi, yang penting tempatnya enak dan anak-anak bisa betah disitu,” katanya.

Taman tersebut akan dilengkapi kios serta aneka kerajinan karya penyandang disabilitas. Dengan begitu, taman disabilitas kedepan dapat dimanfaatkan sebagai ajang berlatih maupun unjuk kebolehan, seperti menyanyi maupun menari. Upaya tersebut seiring dengan tema HDI tahun 2019, ‘Pemberdayaan Penyandang Disabilitas untuk Pembangunan yang Inklusif, Berkeadilan dan Berkelanjutan’.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00