• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Cicipi Menu Sarapan Lezat di Tasikmalaya

3 December
05:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tasikmalaya : Sarapan sangat penting untuk tubuh, apalagi ketika ingin memulai kegiatan.

Jika anda bosan sarapan dirumah dan ingin sarapan diluar rumah anda bisa mencoba beberapa menu yang ada di kota Tasikmalaya ini.

Beberapa makanan ini bisa menjadi pilihan untuk sarapan saat berkunjung ke kota santri Tasikmalaya. Selain harganya yang terjangkau, kelezatannya juga tidak kalah enak dengan menu yang lain.

1. Lengko Ayam

Berbeda dengan jenis Lengko Cirebon (yang berupa nasi, tauge, tahu, tempe, dan bumbu kacang, serta tambahan lainnya), Lengko Tasikmalaya berupa lontong, kuah kari, ayam suwir, dan tambahan telur rebus. Kuah karinya kental dan gurih ditambah lontong padat nan lembut merupakan sarapan yang cukup bisa membuat perut penuh seketika.

Beberapa rekomendasi pilihan lengko ayam yang ada di kota Tasikmalaya adalah lengko legendaris Lengko Ayam 99 yang antreannya bisa mengular sejak pagi dan lengko ayam Toko Kue Ny Nina (bisa sekalian beli kue jajanan pasar). Warungnya buka setiap hari mulai jam 06.00 WIB.

Selain itu untuk mencicipi lengko ayam tersebut, kita akan merogoh kocek mulai dari Rp 14.000. 

2. Nasi Tutug Oncom

Konon belum ke Tasikmalaya kalau belum makan nasi tutug oncom (TO). Nasi hangat yang dicampur dengan oncom yang sudah ditumis dengan berbagai bumbu, ditambah sambal goang dan sambal cikur. 

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya 'menumbuk'. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Tambahan TO biasanya berupa gorengan, telur, ikan asin goreng, dan lain-lain.

Nasi TO yang terkenal di Kota Tasikmalaya adalah nasi TO Kalektoran dan nasi TO Benhil. Harga mulai dari Rp 8.000. Buka mulai pukul 7.30 WIB.

3. Kupat Tahu

Terdiri dari potongan tahu goreng (kadar kematangan tahu boleh milih, saya senang yang matang garing), ketupat, dan bumbu kacang. Biasanya ditambah sambal dan kerupuk. Sederhana ya. Yang sederhana biasanya justru yang paling menghangatkan hati. :)

Kupat tahu yang paling terkenal di kota Tasikmalaya salah duanya adalah Kupat Tahu Kabita dan Kupat Tahu H. Esah. Dijual mulai dari Rp 14.000, mereka bisa dinikmati buat sarapan karna buka mulai pukul 08.00 WIB.

4. Bubur Ayam

Kondimen bubur sederhana dan berlimpah: ayam suwir, ati ayam,daun bawang, bawang goreng, dan cakwe. Rasa buburnya sendiri sudah cukup gurih tanpa tambahan apa-apa. Paling kalau mau ya ditambah sambal aja.

Bubur ayam yang paling melegenda adalah Bubur Ayam Haji Zaenal. Bubur Ayam ini sudah terkenal di Kalektoran. Harganya yang murah mulai dari Rp 15.000, sangat diminati banyak orang untuk sarapan.

" bubur ayamnya enak udah cocok sam lidah juga, kalau mau sarapan carinya bubur pasti kesini perginya soalnya murah juga terus porsinya lumayan banyak juga jadi bisa kenyang " tutur Desi salah satu pembeli yang sedang makan di Bubur Ayam Haji Zaenal, Senin ( 2/12/2019).

Bagaimana, kamu mencoba menu sarapan di Tasikmalayail ini ? silahkan langsung saja datang ke kota Tasikmalaya yah...( Foto: istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00