• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Kelapa Sawit yang Ditanam Jokowi di Sungai Lilin Siap Panen Tahun Depan

2 December
21:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Setelah diresmikan oleh presiden RI Joko Widodo tanggal 13 Oktober 2017 lalu, kawasan replanting atau kawasan peremajaan, perkebunan kelapa sawit di desa Panca Tunggal C5 kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, diperikirakan akan panen perdana tahun depan.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin, Iskandar Syahrianto, kepada RRI mengungkapkan, proses pertumbuhan bibit kelapa sawit terpantau sesuai dengan harapan, ini terlihat dari kelapa sawit sudah berkembang sebanyak 3 kali pada masa tanam dua tahun.

Lanjut Iskandar, upaya pemda setempat dalam mengawal proyek percontohan nasional ini, yaitu dengan terus memberikan pelatihan, edukasi yang membahas isu-isu lingkungan dan tata kelola perkebunan kepada masyarakat petani, sehingga harapan presiden Joko Widodo tahun 2017 lalu agar perkebunan itu segera membawa hasil terbaik bagi masyarakat dapat terealisasi.

“Alhamdulillah, pertumbuhannya sesuai dengan harapan, dan kita optimis bahwa produksi akan melebihi produksi yang sudah-sudah, ini sudah kastrasi dipotong terus. Ini kastrasi yang terakhir, bapak presiden Joko Widodo juga ikut menanam satu pohon, kemungkinan enam bulan lagi kita akan panen perdana,” jelasnya di areal perkebunan kelapa sawit Desa Panca Tunggal, Senin (2/12/2019).

Iskandar menambahkan, hasil riset Pusat Penelitian  Kelapa Sawit (PPKS) menyebutkan bahwa lahan seluas 4.404 hektare tersebut diperkirakan dapat menghasilkan 35 ton kelapa sawit pe rhektar nya setiap tahun, jumlah tersebut mengalami lonjakan 3 kali lipat jika dibandingkan hasil sebelum dilakukan peremajaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00