• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Jokowi: Jagoan Bener Setneg Kalau Bisa Intervensi Golkar

2 December
16:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo menyatakan, pihaknya tidak ada urusan dengan kepartaian, termasuk diantaranya mengenai Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi menanggapi adanya kabar mengenai intervensi dari pemerintah dalam menentukan pimpinan di partai Golkar.   

"Jadi itu urusan internal Golkar. Sebagai partai besar, saya kira ngga akan mungkin bisa diintervensi oleh menteri. Karena (menteri) eksternal,” kata Presiden di Istana Merdeka pada Senin (02/12/19). 

Menurut Jokowi, sangat tidak mungkin pemerintah, khususnya Kementerian Sekretariat Negara mencampuri urusan internal Golkar. 

"Kalau Setneg bisa intervensi Golkar, jagoan bener Setneg,” ungkap Jokowi sambil tersenyum. 

Jokowi mengatakan, dirinya beserta dengan Seskab Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno juga tidak mengenal siapa-siapa saja yang ada di Dewan Pimpinan daerah Golkar.

"Kenal satu DPD pun ndak. Apa urusannya dengan internal Munas Golkar. Urusan internal partai,” papar Jokowi. 

Ia pun meminta kepada semua pihak untuk membiarkan Golkar untuk menentukan dan memilih siapa yang akan menjadi Ketua Umum. 

"Biarkanlah Golkar secara demokratis menentukan arah ke depan pimpinannya. Kita tahu sebagai partai besar, penting sekali bagi Golkar dalam menjaga stabilitas politik nasional, juga ikut berkontribusi besar dalam pembangunan nasional kita,” pungkasnya.

Diketahui, dua kader beringin yang bersaing keras dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar sejauh ini adalah Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Pemilihan ini akan digelar dalam munas Partai Golkar awal Desember ini.

Loyalis Bambang Bamsoet, Syamsul Rizal Hasdy, menuding ada tiga menteri Jokowi, salah satunya Pratikno, yang menjadi alat untuk menekan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar tingkat I dan II serta sejumlah kepala daerah yang merupakan kader 'Beringin' untuk mengarahkan dukungan ke Airlangga jelang munas. (Foto:BiroPers)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00