• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEA GAMES

Waspada Topan Kammuri, Phisgoc Infokan Ke Peserta Sea Games

2 December
14:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manila :  Filipina sebagai tuan rumah Sea Games 2019 tengah ektra waspada dengan kabar adanya badai angin Topan Kammuri yang akan menghampiri negara ini.

Koordinator Seluruh Delegasi dan Protokol kepada masing-masing NOC peserta SEA Games di sejumlah daerah di Filipina. Angin topan tersebut diprediksi akan mencapai beberapa cluster SEA Games 2019, seperti di Clark dan Subic.

"Dengan hormat kami memberi informasi kepada semua Komite Olimpiade Nasional bahwa topan Kammuri telah memasuki area Filipina. Angin itu diperkirakan akan mendarat di area umum Luzon Utara yang mempengaruhi sebagian besar tempat kompetisi di Clark dan cluster Subic serta desa atlet. Administrasi layanan atmosfer, geofisika, dan astronomi Filipina (PAGASA) juga telah memperingatkan bahwa topan Kammuri akan datang dengan kekuatan besar dan bisa merusak," tulis surat edaran tersebut yang diketahui Radio Republik Indonesia (RRI).

"Untuk itu, kami ingin dengan rendah hati meminta semua NOC untuk mengamankan peralatan kantor dan materi visual mereka di dalam ruangan untuk saat ini. Kami juga menyarankan semua atlet dan ofisial untuk menyimpan semua bendera nasional yang dipajang. Harap maklum," lanjut pernyataan tersebut.

Adanya informasi tersebut membuat sejumlah cabang olahraga SEA Games,dibatalkan pertandingannga seperti selancar angin di Subic. Sedangkan pertandingan cabang olahraga triathlon dimajukan dari jadwal sebelumnya.

Ancaman topan Kammuri yang diprediksi melintasi wilayah Luzon malam ini hingga besok, direspon cepat Chief de Mission (CdM) Harry Warganegara Harun yang mengatakan faktor cuaca tidak dapat dihindari oleh semua pihak,termasuk panitia Sea Games. Kontingen Indonesia siap menerima dan menuruti perihal adanya perubahan jadwal pertandingan dari Phicgos terkait ini.

"Namanya badai ini kan force majeur, kita tidak bisa intervensi. Beberapa cabang olahraga ditunda terutama yang digelar outdoor," ungkap Harry Warganegara kepada di Manila, Senin (2/12/2019).

Harry mengatakan jika semua cabang olahraga outdoor yang digelar di klaster Clark dihentikan mulai hari ini dan besok, Selasa (3/12/2019).

Panitia SEA Games (Phisgoc) menuturkan akan menyampaikan perkembangan terbaru terkait jadwal pertandingan selambat-lambatnya pada Senin siang hari ini.

Seperti dikutip dari AFP melaporkan bahwa Filipina telah mulai mengevakuasi ribuan orang. Saat Topan Kamuri diperkirakan akan melanda pada Senin malam atau Selasa pagi, dengan hembusan 170 kilometer (105 mil) per jam dan angin berkelanjutan maksimum 140 kilometer per jam.

"Ribuan orang sudah berada di pusat-pusat evakuasi, kebanyakan di sekolah-sekolah dan gimnasium di Camarines Norte," kata kantor manajemen bencana provinsi itu.

"Pejabat setempat masih mengevakuasi beberapa daerah sehingga jumlahnya diperkirakan akan meningkat," tambah kantor tersebut.

Pemerintah Filipina menyelenggarakan pesta akbar olahraga se Asia Tenggara ini dengan  jumlaj 56 cabang olahraga di tempat- tempat yang tersebar yaitu Clark, Manila, dan Subic.
(Keterangan Foto : Dok.RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00