• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Gugatan Jemaah First Travel Ditolak Pengadilan Negeri Depok

2 December
14:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok: Gugatan perdata perbuatan melawan hukum (PHM) yang dilayangkan Jemaah First Travel (FT) terhadap Dirut FT Andika Surachman dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok ditolak dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok, Senin (02/12/2019).

Perkara 52/PDT 6/2019/PN DPK sudah diputus majelis hakim PN Depok dengan amar putusan sebagai berikut:

"Mengadili, dalam eksepsi, menolak eksepsi turut tergugat untuk seluruhnya dalam pokok perkara. Satu, menyatakan gugatan para penggugat tidak dapat diterima (niet ontvankelijke verklaard).

"Dua menghukum para penggugat untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara ini secara tanggung renteng yang sampai saat ini sejumlah Rp 811.000," demikian petikan amar putusan yang di bacakan oleh majelis hakim.

Humas PN Kota Depok Nanang Herjunanto mengatakan dalam putusan ini ketua majelis hakim Ramon Wahyudi mengajukan perbedaan pendapat atau dissenting opinion dengan 2 hakim anggota lainnya.

"Jadi putusan tersebut tidak bulat musyawarahnya. Jadi ada perbedaan pendapat dari ketua mejelis perkara tersebut," ujar Nanang saat press rilis dengan wartawan di PN Kota Depok.

Nanang melanjutkan, pihak-pihak yang tidak menerima putusan tersebut dapat mengajukan upaya hukum Banding dalam waktu 14 hari.

Mendengar putusan tersebut, Jemaah FT Madani (63) merasa keberatan dan akan mengajukan Banding ke Pengdilan Tinggi Bandung. Kali ini dia menuntut uang jemaah dikembalikan atau berbeda dengan tuntutan sebelumnya yakni menuntut Dirut FT Andika memenuhi janjinya agar memberangkat jemaah umrah.

"Kami akan banding. Dan kami meminta uang kami dikembalikan, ngga usah berangkat umrah," hardik Madani di PN Kota Depok.

Baca Juga: Suara Majelis Hakim Kumur Kumur, Jemaah Pesimis Gugatannya di Kabulkan

Berbeda dengan Madani, Atik Jemaah asal Serpong, Tangerang ini tidak keberatan jika ada yang memberangkatkan jemaah umrah. Jangankan mengharapkan uang dikembalikan, ada yang bersedia memberangkatkan umrah saja Atik sudah bersyukur.

"Udah capek kita orangtua ini ikut-ikut sidang terus. Kalau ada yang nawarin berangkatkan umrah, ya syukur Alhamdulilah, pasti saya senang," tutur Atik, usai sidang putusan di PN Depok. (RL)

Rekomendasi Berita
  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Andi Permadi

    SUPER ULTIMATE ADMIN

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00