• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Banjir Luapan Sungai di Aceh Barat Meluas

2 December
11:24 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Banjir yang melanda kawasan pedalaman Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh sejak Minggu malam, hingga pagi ini Senin (2/12/2019) terus meluas ke wilayah hulu sungai. 

Selain merendam rumah, jalan dan permukiman penduduk, ekses bencana alam ini juga membuat aktivitas belajar mengajar dibeberapa sekolah diliburkan, seperti di SMPN Tumpok Ladang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

"Air mulai masuk rumah pukul 03.00 WIB tadi. Belum mengungsi karena masih bisa bertahan apalagi kami dekat jalan. Kondisi ini sudah menjadi rutin setiap ada hujan di hulu dan di sini, maka akan meluap sungai," kata Zubir, warga Desa Alu Tampak.

Banjir mulai terjadi pada Minggu malam, awalnya menerjang kawasan Kecamatan Pante Ceureumen, kemudian terus meluas disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti Kecamatan Kaway XVI, Meureubo, Johan Pahlawan, Panton Reu, Woyla.

Bahkan, tim Satgas Pos SAR Meulaboh, turun ke kawasan Desa Lango, Kecamatan Pante Cermin untuk melakukan evakuasi warga yang terkurung banjir, belum ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Hingga kini belum didapati jumlah pengungsian atau pun total warga terdampak banjir, para pihak terkait yang konsen terhadap penangganan bencana juga mulai terpantau siaga dan memantau perkembangan banjir di awal Desember 2019 itu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00