• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Dolphin Cup II Finswimming, Gairah Olahraga Selam di Buleleng

1 December
20:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Cabang olahraga selam di Kabupaten Buleleng mengalami perkembangan signifikan baik secara kualitas maupun kuantitas. Terbukti dari kancah regional dan nasional atlet Buleleng menunjukkan gaungnya di arena kejuaraan dengan mengukir hasil gemilang.

Meski olahraga selam ini untuk di Bali Utara masuk pada tahun 2018 kemarin namun prestasi demi prestasi mulai diukir para peselam Buleleng.

Tak tanggung-tanggung, prestasi dibubuhkan dengan 5 emas di Kejurnas Jawa Timur 2018, Juara 3 Umum Porsenijar Bali 2019, Juara 2 Umum pada eksebishi Porprov 2019, serta berhasil meloloskan 3 atlet selam untuk memperkuat Bali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2020 di Papua.

Sementara guna menjaring sekaligus mencetak kader bibit andal yang diproyeksikan pada berbagai event kejuaraan, Dolphin Swimming Club sebagai satu-satunya club yang bernaung dibawah induk Pengkab Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Buleleng mengambil ancang-ancang dengan menggelar Kejuaraan Dolpin Cup ke-2 Finswimming yang dipusatkan di Kolam Mumbul, Minggu (1/12/2019) pagi.

Diikuti 50 peserta pemula, kejuaraan berlangsung sehari dengan semarak. Ketua Panitia Ida Kade Sugika Putra dalam sambutannya mengatakan, selain sebagai ajang sosialisasi, pada Kejuaraan Dolpin Cup ke-2 sekaligus menjadi wadah untuk melatih mental atlet saat nanti turun pada arena lebih tinggi.

"Kejuaraan ini adalah wadah bagi alet mengasah diri, sekaligus untuk mengenalkan atmosfer pertandingan. Visi misi kami sejalan dengan induk POSSI Bali untuk mencetak atlet yang militan di olahraga selam," ungkap Ketua Panitia.

"Harapannya kita bisa melahirkan atlet-atlet potensial yang lahir dari dolpin-dolpin muda," imbuhnya.

Menyambut harapan ketua panitia, Ketua Umum POSSI Buleleng Ketut Adipa sebelum membuka kejuaraan turut memberi apresiasi. Ketum POSSI berharap kejuaraan ini memberi dampak positif untuk perkembangan olahraga selam di Bali Utara.

"Upaya yang baik dilakukan club Dolpin, kejuaraan yang kedua ini adalah upaya untuk menjemput dan mempercepat laju perkembangan olahraga selam. Diakui Badung merupakan barometer dari perkembangan olahraga aquatik tapi dengan keberadaan prestasi yang kita miliki tentunya Buleleng sangat diperhitunhkan di Provinsi Bali, terbukti 3 atlet dan 1 pelatih kita memperkuat Bali diajang PON," ungkap Adipa.

Sementara selaku pendiri klub Dolphin, I Nyoman Sujendra menjelaskan keberadaan klub asuhannya tiada lain untuk wadah memasyarakatkan olahraga selam di Buleleng. Meski masih terbilang baru terbentuk namun dirinya optimis Dolphin mampu mencetak kader atlet yang mampu membawa nama Indonesia di kancah internasional.

"Keberadaan kita selama satu tahun terakhir membawa hasil positif baik ditingkat regional dan nasional. Target kita tentunya bisa berbicara di level Asia," pungkas Sujendra.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00