• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Fadli Zon:Ide Menambah Periode Jabatan Presiden Harus Ditolak

1 December
19:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon menegaskan, ide mengenai penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode dalam wacana amandemen UUD 1945 harus ditolak.

Pasalnya menurut Anggota Komisi I DPR RI ini, wacana tersebut seperti membuka kotak pandora dan akan memicu diskursus lain yang substansial seperti pemilihan langsung atau oleh MPR, bentuk negara, bahkan hal yang mendasar lain.

"Meski pimpinan MPR mengatakan ini bagian dari aspirasi publik yang tak boleh dibunuh, saya melihat kemunculan wacana ini patut dihentikan sejak awal," tegasnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Ditekankannya, prinsip dasar ketika mendiskusikan kekuasaan dalam konteks demokrasi adalah “pembatasan” dan “kontrol”, bukan malah justru melonggarkannya. 

"Sebab, meminjam Lord Acton, kekuasaan itu cenderung menyeleweng. Dan kekuasaan yang absolut, kecenderungan menyelewengnya juga absolut," jelasnya.

Mestinya lanjut dia, dalam diskusi mengenai kekuasaan, setiap orang bahkan harus dicurigai sebagai “orang jahat” yang perlu dikontrol. Dan ini berlaku juga bagi “orang besar” atau “negarawan”. Sehingga, ide penambahan periode jabatan presiden ini tak masuk kriteria untuk bisa didiskusikan lebih jauh. 

"Ide tersebut bahkan harus segera didiskualifikasi dari perbincangan. Harus ditolak sejak awal," tekan anak buah Prabowo Subianto ini. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00