• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Spot Snorkling dan Diving di Arborek Raja Ampat

1 December
09:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Raja Ampat : Arborek merupakan salah satu spot terbaik di Raja Ampat untuk diving atau snorkling. Pasirnya yang putih juga jenis ikan dan trumbu karangnya yang melimpah jenisnya membuat anda tak akan menyesal untuk menyelam di Arborek.

Pulau yang harus dikunjungi ketika menyusuri perairan Raja Ampat, Papua Barat adalah Arborek. Arborek merupakan pulau kecil yang menawan.

Saking kecilnya, anda hanya butuh waktu 30 menit menyusuri kampung.

Arborek di tempati sekitar 80 kepala keluarga. Atau sekitar 300 jiwa. Mereka mengaku keturunan Biak. Arborek juga berasal dari bahasa Biak yang artinya duri. Mata pencarian penduduk Arborek adalah mencari ikan. Mama-mama di Arborek juga membuat noken dan menjualnya pada wisatawan. Noken dihargai mulai dari Rp100 ribu tergantung ukuran.

" Disini bisa snorkling atau diving kalau mau bei oleh-oleh juga ada, cuma kalau mau snorkling kita harus naiklk feri dulu cari spot yang bagus" ujar rendi pemandu wisata di arborek, Sabtu(30/11/2019) kemarin.

Pulau Arborek boleh saja kecil, tapi lautnya begitu besar. Ya laut Raja Ampat menyimpan sejuta kekayaan. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis karang. 1511 spesies ikan dan 700 jenis molusca.

Dan salah satu tempat snorkling dan diving terbaik di Raja Ampat adalah Arborek. Di dekat dermaga Arborek anda bisa menemui jutaan ikan berenang dengan bebas. Saran saya, Kalau ingin berenang sambil dikelilingi ikan-ikan, anda harus bawa makanan seperti ubi, roti atau wafer.

Jangan kawatir bila tidak membawa peralatan snorkling. Di dermga Arborek tersedia jasa penyewaan. Per item disewakan Rp50 ribu.

Tak hanya ikan yang akan mendekat ketika berenang, anak-anak asli Aborek pun dengan senang hati menemani.

Untuk menggapai Arborek anda harus naik feri dari Pelabuhan Wasai, Raja Ampat. Sekitar 2,5 jam perjalanan. Selain menawarkan alam yang indah Arborek juga dekat dengan spot wisata lain seperti Yenbuba dan Kri Island.

Yuk ke Raja Ampat!!! ( Foto : istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00