• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Tim PKM Fakultas Peternakan UHO Sosialisasikan Manfaat Limbah perikanan sebagai Pakan ternak puyuh

29 November
16:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari : Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo Kendari memberikan penyuluhan dan bintek pemanfaatan limbah perikanan sebagai pakan ternak puyuh terhadap peternak puyuh di kota Kendari.

Ketua tim program kemitraan Masyarakat Fakultas Peternakan UHO Astriana Napirah kepada RRI di Kendari menjelaskan, kegiatan penyuluhan dan bintek yang di lakukan kepada para peternak puyuh berawal dari rasa keprihatinan pihaknya terhadap peternak puyuh yang kesulitan dengan belum adanya ketersediaan pakan yang komplit bagi ternak puyuh, dan juga harga pakan yang mengalami kenaikan sehingga peternakan puyuh menaikan biaya produksi.

“Penyuluhan dan bintek yang kami lakukan ini berawal dari rasa keprihatinan terhadap peternak puyuh yang selama ini kesulitan mendapatkan pakan untuk ternak mereka khususnya ternak unggas puyuh,” ujar Astriana, Jumat (29/11/2019).

Menurut dia, dalam melakukan penyuluhan dan bintek pihaknya memperkenalkan pengolahan kulit udang menjadi pakan bagi peternak puyuh dengan memperkenalkan konsentrat berbasis kulit udang dimana kulit udang merupakan salah satu limbah industri perikanan yang di ketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat di manfaatkan untuk ternak puyuh, dan untuk memanfaatkan kulit udang tersebut para peternak diharapkan melakukan fermentasi dengan menggunakan biofermentor untuk bisa mendapatkan pakan ternak puyuh dari limbah perikanan itu.

“Pada penyuluhan dan bintek ini kami berupaya memperkenalkan konsentrat berbasis kulit udang kepada para peternak puyuh yang ada di kelurahan Rahandouna dan Watubangga, Kota Kendari,” jelas Astriana.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya penyuluhan dan bintek yang dilakukan dapat meningkatkan produksi telur puyuh di kota kendari dan dapat meringankan beban peternak puyuh untuk medapatkan pakan puyuh.

Selain melaksanakan penyuluhan dan bimbingan teknis pengolahan kulit udang, Tim PKM-Internal fakultas peternakan UHO yag terdiri Astriana Napirah, Hamdan Has, Amiluddin Indi, dan Putu Nara juga melakukan kegiatan pendampingan secara berkala kepada peternak puyuh untuk memastikan teknologi pengolahan pakan ini dapat dipahami dan diaplikasikan oleh para peternak.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00