• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Menpora Minta Insiden Suporter Indonesia di Malaysia Diusut Tuntas

24 November
22:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta agar insiden penyerangan terhadap suporter Indonesia usai pertandingan Timnas Indonesia menghadapi Malaysia dalam laga lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. 

Ya, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019) lalu, pendukung Timnas Indonesia mendapat perlakukan tidak baik dari suporter Malaysia usai pertandingan. Bahkan, suporter Malaysia menyerang sampai di hotel tempat suporter Indonesia menginap di Kuala Lumpur.

Terakit hal tersebut, Menpora Zainudin Amali meminta agar insiden tersebut diusut tuntas. Bahkan, Zainudin meminta agar ementerian Sukan dan Belia Malaysia melakukan penegakan hukum yang transparan dan seadil-adilnya. 

“Kami dari pemerintah meminta untuk mengusut secara tuntas tentang insiden dan kejadian yang dialami masyarakat Indonesia khususnya suporter Indonesia,” ungkap Zainudin, Minggu (24/11/2019). 

“Kami juga meminta menteri Sukan dan Belia Malaysia meminta maaf dengan secara terbuka kepada masyarakat Indonesia meski sepertinya di sosial media sudah diberitakan sudah meminta maaf," tambahnya. 

Selain itu, Zainudin juga meminta agar pemerintah Malaysia membalas usarat yang dilayangkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Menurut Menpora surat yang telah dilayangkan kepada Menteri Sukan dan Belia Malaysia menjadi surat protes dan bentuk kekecewaan.

“Krena kami mengirim surat secara resmi maka dijawab juga surat pemerintah Indonesia secara resmi pula dan urusan diplomatik menjadi bagian urusan dari Kementerian Luar Negeri ini menjadi penialain kita bagaimana cara bertetangga dengan baik karena kita sudah menunjukkan hal serupa,” tutur Zainudin. 

“Jika sudah meminta maaf pastinya akan kita maafkan tetapi insidennya tetap harus di usut dan jika ada pelanggaran hukum maka hukum harus ditegakkan dengan transparan dan adil, surat itu isinya tentang kekecewaan kita,” sambungnya menandaskan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00