• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

FKMA ASEAN ke-VI POLIMA Ditutup, Wali Kota Baubau Harapkan Silaturahmi Tetap Terjaga

22 November
05:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Rangkaian Festival Keluarga Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN ke-VI Polima yang dipusatkan di Kota Baubau, resmi ditutup, Kamis (21/11/2019) malam.
 
Ratusan tamu yang terdiri dari Raja/Sultan dan lembaga adat se-Nusantara bahkan ASEAN itu dijadwalkan akan meninggalkan Kota pemilik benteng terluas di dunia ini pada Jumat pagi, untuk kemudian kembali ke daerah masing-masing.
 
“Saya merasakan ini adalah sukses yang luar biasa. Tiada kada kata yang dapat kami sampaikan selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Pemerintah Kota Baubau sebagai tuan rumah yang telah peduli dan menyukseskan kegiatan FKMA. Tadinya saya beranggapan kalau hanya Lombok adalah kepingan surga yang terdampar di Bumi, ternyata Kota Baubau juga tidak kalah indahnya,” ucap YM Lalu Satriawan Syah, salah seorang unsur ketua dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) asal Kedatuan Pejanggik Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
Dalam sambutannya, Satriawan Syah juga mengatakan bahwa pada FKMA ASEAN tahun 2020 akan diselesnggarakan di Kerajaan Siau, Manado Sulawesi Utara sementara pada tahun 2021 FKMA akan diselenggarakan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.
 
Sementara itu Wali Kota Baubau, AS Tamrin sebelum menutup dengan resmi acara tahunan tersebut mengatakan diselenggarakannya FKMA bukan hanya diperunkan untuk sekedar mengikuti rangkaian acaranya semata, namun jauh dari itu FKMA merupakan wujud kepedulian kita dalam mengangkat budaya masing-masing, untuk dipertontonkan dimata dunia.
 
“Atas nama masyarakat dan pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada Paduka Yang Mulia karena telah bersama-sama merayakan festival ini sehingga berimbas pada psikologi masyarakat, mengangkat harkat dan martambat adat istiadat daerah kita,” beber AS Tamrin.


AS Tamrin berharap Raja/Sultan dan seluruh lembaga adat di se-Nusantara dan Asean selalu menjaga kekompakan dan tali silaturahmi.
 
Diketahui, FKMA Asean ke-VI Polima di Kota Baubau berlangsung sejak 19-21 November 2019. Sejumlah acara utama yang diselenggarakan selama kegiatan diantaranya gala dinner, musyawarah dan raker Raja/Sultan se-Nusantara, tarian kolosal, karnaval budaya, pagelaran seni dan budaya, napak tilas nusantara Santiago, pekakande-kandea, seminar nasional dan city tour.
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00