• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

PM Jepang ke - 91 Sampaikan Penghormatan Rakyatnya ke Wapres Ma'ruf Amin

20 November
12:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Rabu (20/11/2019) pagi, istana Wakil Presiden RI di bilangan Jakarta Pusat tampak berbeda. Pasalnya, pagi itu puluhan delegasi bisnis Jepang hadir untuk melakukan pertemuan bersama wapres Ma'ruf Amin. Istimewanya delegasi dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Jepang ke - 91, Yasuo Fukuda. Mengenakan pakaian batik khas Indonesia, Fukuda tampak bugar diusianya yang memasuki 83 tahun.

Pertemuan Wapres Ma'ruf Amin, Yasuo Fukuda dan parapebisnis Jepang yang tertutup bagi media tersebut, berlangsung selama satu jam.

Yasuo Fukuda mengatakan, kunjungannya kali ini secara khusus dilakukan sebagai bentuk kunjungan balasan, atas kehadiran Wapres Ma'ruf Amin pada penobatan Kaisar Naruhito pada 22 Oktober lalu.

"Saya tadi telah menyampaikan rasa terimakasih, karena bapak wakil presiden telah berkunjung ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan kaisar Naruhito beberapa waktu lalu dengan mewakili rakyat dan masyarakat Indonesia," ujar Fukuda kepada awak media, sebelum beranjak menuju Istana Presiden RI.

Fukuda menambahkan, secara khusus pula dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini, untuk menyampaikan rasa terimakasih rakyat Jepang atas kehadiran Wapres Ma'ruf Amin akhir bulan lalu.

"Masyarakat Jepang semua mengucapakan terimakasih atas kunjungannya," imbuhnya.

Menurut Fukuda dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, pihaknya bersama Wapres RI juga berdiskusi mengenai perkembangan dan pembangunan Indonesia khususnya pada kerjasama sejumlah proyek Jepang di dalam negeri.

"Yang kedua kami berdiskusi tentang perkembangan dan pembangunan Indonesia, khususnya dengan kerjasama proyek dan juga kerjasama dalam pembangunan SDM. Diskusi kami sangat membangunkan dan pembangunan MRT kerjasama kedua negara. MRT telah diselesaikan pada beberapa bulan yang lalu, kami akan berusaha untuk pembangunan kereta api juga. Kami berdiskusi dalam kerjasama dibidang industri untuk membuka lapangan kerja baru," papar Fukuda.

Fukuda mengharapkan melalui pertemuannya bersama wapres Ma'ruf, akan meningkatan hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

"Hari ini saya datang ke Indonesia untuk berdiskusi untuk meningkatkan hubungan bilateral Jepang dan Indonesia secara keseluruhan. Jadi, tidak ada kesepakatan spesifik ataupun transaksi tertentu," terangnya lagi.

Sementara, menteri perhubungan RI, Budi Karya mengatakan, sejumlah proyek dengan investor Jepang saat ini tengah dan akan berjalan, khususnya bagi pengadaan MRT dan kereta cepat di sejumlah jalur.

"Jepang begitu serius membantu kita bersama-sama membangun transportasi massal dan kegiatan kereta api lainnya. MRT adalah suatu kebanggan kita dan ini akan dilanjutkan. Tahun depan kita akan membangun dari HI sampai ke Ancol. Kita lagi studi dari Cikarang sampai Balaraja," jelas Budi Karya.

Budi memaparkan, berbagai proyek transportasi bersama Jepang itu, menggunakan dana pinjaman (loan).

"Kita juga membangun kereta Jakarta - Surabaya, yang akan kita persiapkan mulai 2022 - 2026 (empat tahun selesai). Kita harapkan Jakarta - Surabaya itu hanya lima jam. Yang sudah bisa kita kalkulasi dari HI-ke Ancol kita harapkan 2024-2025 selesai. Yang dari Balaraja - Cikarang itu kira-kira selesai 2026, sama dengan Jakarta -Surabaya. Karena, banyak tanah-tanah yang harus dibebaskan tentunya kita membutuhkan waktu penyelesaiannya," ungkapnya. 

Sementara, dalam kunjungan balasan Yasuo Fukuda ke Indonesia turut menyertakan 26 pebisnis Jepang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00