• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

MenPANRB: Reformasi Birokrasi Hanya di Kulit

19 November
20:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyatakan reformasi birokrasi yang berlangsung selama ini belum berjalan dengan optimal. Tjahjo menilai reformasi yang tengah berjalan masih belum sampai ke bagian inti.

Tjahjo berujar, Presiden Joko Widodo memerintahkannya untuk membereskan hal tersebut. 

"Sekarang (reformasi birokrasi) sudah jalan, tapi kebanyakan hanya di kulit. Yang diinginkan beliau (Presiden) reformasi birokrasi yang sampai ke jantungnya," ujar Tjahjo usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa (19/11/19).

Jokowi ingin pemerintah yang ada ini dibangun dengan tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien. Rencana pemerintah untuk merampingkan birokrasi, menurut Tjahjo, diharapkan dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Itu yang ingin beliau cepat karena menyangkut skala prioritas. Sudah disampaikan di DPR saat pelantikan, intinya harus termonitor dengan baik, memangkas rutinitas," ujar mantan Menteri Dalam Negeri itu.

Tjahjo berujar, untuk mengawal agenda tersebut perlu koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman yang lebih baik.

"Arahan Pak Presiden target harus terukur, mencermati berbagai aspek, waktunya, manfaat yang termonitor dan terevaluasi dengan baik, kemudian diharapkan KemenPAN-RB konsisten membangun sistem reformasi birokrasi," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00