• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kebakaran SMK Yadika 6 Dijinakkan, Satu Petugas Terluka

18 November
22:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Api melumat habis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Abadi Karya (Yadika) 6 Bekasi, Jalan Wadas Raya No 32 RT 005 RW 003, Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Senin (18/11/2019).

Lebih dari 20 ruangan hangus terbakar. Dan kejadian yang berawal dari pukul 15.30 WIB sore, sebenarnya hanya api kecil yang berasal dari belakang sekolah. Akan tetapi akibat angin kencang, api langsung membesar dan melahap ruangan demi ruangan.

Seperti dilansir kompas, seorang saksi mata, yakni guru SMK Yadika 6 bernama Hana mengisahkan, ketika api tiba-tiba membesar, saat itu di dalam sekolah ada sekitar 799 siswa yang melakukan aktivitas belajar, karena waktu pulang resmi itu pukul 16.00 WIB.

Para siswa langsung berhamburan meninggalkan gedung sekolah dengan tergesa-gesa. Api (juga) bukan dari ruangan kelas, tapi dari belakang gedung," kata Hana, Senin malam (18/11/2019).

Hingga berita ini diturunkan, api sudah bisa dikuasai oleh 15 unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kota Bekasi, ditambah 3 (tiga) unit lagi dari Suku Dinas (Sudin) Kebakaran Jakarta Timur. Proses pendinginan terus dilakukan petugas seblum nanti diselidiki oleh kepolisian dari Polres Metro Bekasi.

BACA JUGA: SMK Yadika 6 Terbakar, 14 Orang Terluka, Dua Patah Kaki dan Punggung

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto mengatakan, selain 14 korban luka-luka, terdapat juga petugas terkena cipratan api hingga harus mendapat perawatan. 

"Ini 14 korban kebanyakan yang loncat dari lantai dua, ada guru dan siswa. Tadi ada juga satu orang lagi petugas terkena api. Detilnya belum dapat keterangan karena baru ditangani oleh dokter," kata Indarto kepada wartawan, Senin malam.

Akibat melompat dari lantai dua, sebanyak dua korban dinyatakan mengalami patah kaki dan tulang punggung yang cukup parah.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, info kebakaran SMK Yadika 6 Bekasi diunggah oleh akun resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan (DPKP) Provinsi DKI Jakarta, @humasjakfire.

"#InfoKebakaran Senin, 18 Nopember 2019 Terima Berita 16:10. Jl. Wadas Raya Titik Kenal SMK Yadika 6 bekasi Kel. Jaticempaka Kec. Pondok Gede. Objek Sekolahan. Pengerahan 2 Unit. Situasi Proses Pemadaman," demikian ditulis @humasjakfire, sekitar 4 (empat) jam lalu, seperti dilihat RRI, Senin (18/11/2019).

BACA JUGA: Si Jago Merah Lalap SMK Yadika 6 Bekasi, 14 Orang Terluka

Berdasarkan info yang dikumpulkan, kebakaran melanda gedung berlantai empat milik SMK Yayasan Abadi Karya (Yadika) 6, yang beralamat lengkap di Jalan Wadas Raya No.32, RT 002/RW 004, Jaticempaka, Pondokgede, Bekasi.

Hingga pukul 18.00 WIB, petugas masih berjibaku memadamkan api dengan menyisir masuk ke semua lantai di gedung tersebut. Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi menurunkan total 15 unit kendaraan Damkar, ditambah 3 (tiga) unit lagi dari wilayah Jakarta Timur.

Sebanyak 14 korban yang terdiri dari para siswa, terluka dalam kejadian tadi sore. Mereka terluka akibat berusaha menghindari kobaran api dengan cara melompat dari lantai dua gedung SMK Yadika 6. Para korban yang terluka adalah siswa dan guru dengan jenis luka berbeda. Meski begitu, dua orang dari 14 korban dipastikan menderita patah kaki dan tulang punggung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00