• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Banjir, Sejuta Pohon Ditanam di DAS Cimanuk-Citanduy dan Area Waduk Jatigede

18 November
12:48 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang : Bupati/Wakil Bupati Sumedang, Doni Ahmad Munir - Erwan Setiawan melakukan penanaman pohon secara simbolis dalam kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Launching Bibit Produktif di Kecamatan Sukaratu Kab. Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (18/11/2019).

Bupati Sumedang, Doni Ahmad Munir mengatakan, lebih dari sejuta pohon akan ditanam di area DAS Cimanuk-Citanduy dan sekitar area waduk Jatigede.

"Ada beberapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan penanaman sejuta pohon ini seperti, rambutan, istana, sapu tangan, glodogan tiang, damar, kencana, merbau, nyamplung gunung, pucuk merah, jambu air madu dan pohon nangka," ujarnya.

Kegiatan tersebut, sambung Bupati, di inisiasi oleh Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Hutan dan Lingkungan (BPDASHL) Cimanuk Citanduy.

"Kami berharap kegiatan penanaman sejuta pohon tak sekedar program semata, namun harus muncul dari hati nurani demi anak cucu kita dimasa datang," katanya.

Yang tujuannya, terang Bupati, dapat menutupi lahan untuk mencegah bencana banjir dan longsor. Penanaman itu juga bertujuan sebagai konservasi keanekaragaman hayati yang ada.

"Seperti diketahui penanaman pohon juga berfungsi sebagai pencegah bahaya global warming. Karena pepohonan dipastikan bisa menyerap karbon. Penanaman juga berfungsi untuk memulihkan kondisi lingkungan pada skala mikro," ucapnya

Selain itu, Dony berharap dengan penanaman tersebut bisa mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi dan ketersediaan air bersih. Tentunya dengan begitu bisa menambah kesejahteraan masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00