• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Panggil Mantan Mendagri Gamawan Fauzi

18 November
10:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap dua orang saksi dalam kasus korupsi pembangunan gedung kampus IPDN di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Mereka adalah mantan Menteri Dalam Negeri periode 2004-2009 Gamawan Fauzi dan staff PT. Hutama Karya Hari Prasojo.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, dalam keterangan tertulisnya KPK menganggendakan memanggil Menteri Dalam Negeri periode 2004-2009 Gamawan Fauzi dan staff PT. Hutama Karya Hari Prasojo sebagai saksi.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DJ (mantan Pejabat Pembuat Komitmen Kemendagri Dudy Jocom)," ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah, Senin (18/11/2019).

Dalam kasus ini, KPK menyatakan akan mengusut peran PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dalam dugaan korupsi dua pembangunan gedung Kampus IPDN masing-masing di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara tahun anggaran 2011.

PT Waskita mengerjakan proyek Kampus IPDN di Gowa, sementara PT Adhi Karya menggarap proyek Kampus IPDN di Sulawesi Utara. Lembaga antirasuah ingin mengetahui apakah kedua perusahaan pelat merah itu mengetahui permainan dalam proyek tersebut.

Dalam kasus dugaan korupsi pembangunan dua gedung Kampus IPDN itu, KPK menjerat pejabat Kementerian Dalam Negeri, Dudy Jocom, Kepala Divisi Gedung PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Adi Wibowo, dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Dono Purwoko, sebagai tersangka.

KPK menduga kedua proyek itu merugikan negara sekitar Rp 21 miliar, yang dihitung dari kekurangan volume pekerjaan pada dua proyek tersebut. Rinciannya, proyek IPDN di Sulawesi Selatan sekitar Rp 11,8 miliar dan proyek IPDN di Sulawesi Utara sekitar Rp 9,3 miliar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00