• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Hoaks Gempa 8,2 SR, Warga Manado Sempat Panik

17 November
00:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Warga Kota Manado sempat dirundung kepanikan akibat informasi bohong alias hoaks terkait gempa berkekuatan dahsyat. Tak tanggung-tanggung, hoaks itu menyebutkan akan terjadi gempa berkekuatan 8,2 Skala Richter (SR).

Berdasarkan laporan dari reporter Radio Republik Indonesia (RRI) di lokasi, hoaks gempa dahsyat itu menyebar melalui media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp (WA).

"Waspada akan terjadi gempa susulan 8,2 SR pada pukul 24 malam ini," begitu petikan dari informasi hoaks tersebut, Sabtu (16/11/2019).

Perlu diketahui, sebelumnya warga Manado juga sempat panik akibat adanya gempa susulan yang terasa mengguncang daerah mereka.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri mencatat telah terjadi 186 kali gempa susulan di sekitaran wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Gempa itu menyusul guncangan utama yang berkekuatan magnitude 7,1 beberapa waktu lalu.

Kepala BMKG Ternate, Kustoro Hariyatmoko menjelaskan, angka tersebut diperoleh berdasarkan data yang di update pada pukul 20.00 WIT.

"Sampai saat ini masih terjadi gempa susulan. Kebetulan sampai pukul 20.00 WIT, sudah terjadi 186 kali gempa susulan," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia. (Foto : BMKG)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00