• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BKPH Belum Bisa Pastikan Penyebab Kebakaran Gunung Lawu

16 November
21:00 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Jakarta: Kebakaran kembali melanda hutan lereng Gunung Lawu sisi selatan wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sejak Jumat (16/11/2019) kemarin. Kondisi saat ini, Sabtu (16/11/2019) hingga siang menjelang sore api belom dapat di padamkan.  

Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Selatan dari Perhutani memantau kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Lawu sejak Jumat kemarin semakin membesar dan meluas karena tiupan angin yang cukup kencang, serta masih terjadi hingga siang ini.

Kasi Darlog BPBD Kabupaten Magetan Fery menyebut adanya kerugian material yakni di kecamatan Penekan ada 2.5 Ha Lahan terbakar di kecamatan Barat 100M2 Lahan terbakar.

Fery mengatakan petugas yang merupakan personel gabungan dari KPH Lawu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, TNI, Polri, juga dibantu oleh tim relawan dan warga desa setempat, sudah mendatangi lokasi sejak kemarin untuk berupaya memadamkan api. Namun, hingga saat ini, kebakaran belum sepenuhnya bisa diatasi.

“Sehingga kebakaran tidak mengganggu aktivitas warga yang tempat tinggalnya berada di lereng Gunung Lawu," ujar Fery. 

Fery mengungkapkan jalur pendakian di Gunung Lawu sudah resmi ditutup sejak terjadinya kebakaran diketahui kemarin. "Bagi pendaki yang telanjur melakukan pendakian telah diminta segera turun oleh petugas," ungkap Fery. 

Mengenai penyebab kebakaran yang melanda hutan di lereng Gunung Lawu kali ini, Fery belum bisa memastikan. BKPH Lawu Selatan juga belum dapat menyebutkan luas lahan hutan yang terbakar. 

Hutan di lereng Gunung Lawu sebelumnya pernah beberapakali terbakar. Kejadian terakhir berlangsung pada 21 Oktober 2019 lalu yang melanda hutan Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Penyebab kebakaran hutan Gunung Lawu saat itu ditengarai akibat ulah manusia yang membakar rumput kering di sekitar lokasi namun kemudian ditinggal begitu saja sehingga api meluas.

Hingga tanggal 26 Oktober 2019, jalur pendakian Gunung Lawu melalui pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, masih ditutup. Selain karena dampak kebakaran hutan, ditutupnya jalur pendakian juga disebabkan lantaran cuaca buruk dan badai angin di puncak Gunung Lawu.

Sebelumnya lagi, pada pertengahan Juni 2018 silam, kebakaran hutan juga terjadi di sisi utara lereng Gunung Lawu sehingga seluruh jalur pendakian menuju puncak ditutup.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00