• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Masih ada Gempa Susulan, Masyarakat Ternate Tidur di Lapangan

16 November
19:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kebanyakan masyarakat yang tinggal di Pulau Ternate, Maluku Utara masih takut untuk tidur di dalam rumah mereka masing-masing. Mereka lebih memilih untuk tidur di lapangan terbuka. Sebab gempa susulan masih sering terjadi dan dirasakan disana.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, akibat masih khawatir akan terjadi gempa susulan, pada malam hari, masyarakat lebih memilih untuk tidur di lapangan terbuka.

"Masyakarat kalau malam masih tidur di lapangan terbuka. Jadi tidak tidur di rumah. Karena masih khawatir, karena masih ada terasa goncangan gempa," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Sabtu (16/11/2019).

Kustoro mengakui bahwa saat ini sudah tidak ada lagi informasi hoaks mengenai gempa ataupun tsunami. Meski demikian, kekhawatiran masyarakat karena memang hingga saat ini gempa susulan masih kerap terjadi.

BMKG sendiri mencatat setidaknya telah terjadi 186 kali gempa susulan di sekitaran wilayah Malut dan Sulut. Gempa itu menyusul guncangan utama yang berkekuatan magnitude 7,1 beberapa waktu lalu.

"Sampai saat ini masih terjadi gempa susulan. Kebetulan sampai pukul 20.00 WIT, sudah terjadi 186 kali gempa susulan," imbuhnya.

Diakuinya juga dari sekian banyak gempa susulan tersebut, tidak semua bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Yang mana hanya 10 guncangan yang dirasakan. Meski demikian, diantaranya ada yang berkekuatan magnitude 5,9.

"Gempa susulan dengan 10 kali gempa dirasakan oleh masyarakat. Pukul 19.19, gempa magnitude 5,9,"  tukasnya. (Foto : Twitter @infoBMKG)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00