• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Gempa Bitung Tak Timbulkan Korban Jiwa

15 November
12:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gempa dengan berkekuatan 7,1 skala richter (SR) yang mengguncang Kota Bitung, Sulawesi Utara dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa.

Wali Kota Bitung, Maximilian J Lomban mengatakan, setelah merasakan adanya gempa besar dini hari tadi, dirinya langsung memerintahkan jajaran untuk turun dan melihat langsung kondisi masyarakat.

"Saya perintahkan seluruh camat dan 69 lurah di wilayah untuk memonitor wilayah kelurahan dan melihat bagaimana kondisi masyarakat," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Jumat (15/11/2019).

Selain untuk melihat langsung kondisi masyarakat, dia juga meminta camat, lurah, dan aparat pemerintah lainnya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Namun yang ada, menurut Maximilian, jajarannya tak menemukan adanya kerusakan berarti pada rumah-rumah warga. Korban jiwa pun tidak ada.

"Saya mendapatkan laporan saat ini bahwa tidak ada kerusakan yang berarti, yang terjadi di masyarakat dan tidak ada korban yang terjadi," pungkasnya. 

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi semalam itu telah mengguncang wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Gempa itu berpusat di koordinat 1,63 derajat Lintang Utara dan 126,49 derajat Bujur Timur. Jarak pusat gempa sekitar 134 kilometer sebelah barat laut Jailolo dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. (Foto : BMKG) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00