• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPBD Talaud Imbau Masyarakat Tetap Waspada

15 November
11:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Talaud : Pasca gempa berkekuatan Magnitudo 7, 1 SR yang mengguncang Jailolo, Jumat (15/11/2019) sekitar pukul 00.15  wita dinihari disusul beberapa gempa lainnya.

Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( Kalak BPBD ) Nelson Udang melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Bonifasius Wangkanusa, Jumat (15/11/2019 ) pagi mengimbau masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada.

"Sampai pagi tadi belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang disebabkan oleh gempa 7, 1 pada skala richter tersebut. Gempa memang terasa di Talaud oleh sebagian masyarakat, tetapi tidak ada dampak kerusakan maupun dampak lainnya . Meski begitu kepada masyarakat tetap diimbau untuk meningkatkan  kewaspadaan. Masyarakat juga diharapkan jangan terpengaruh dengan informasi - informasi yang tidak benar. Carilah informasi di instansi berwenang seperti BMKG, BPBD dan TNI - Polri,"  ujar Wangkanusa

"Peran serta dari pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa juga sangat diharapkan dalam berkoordinasi dan menyampaikan informasi BMKG kepada masyarakat," tambahnya

Di tempat terpisah, Jetmal Lambuaso salah seorang warga Melonguane mengungkapkan, pada dini hari tadi, dia bersama beberapa warga lainnya memang sempat merasakan gempa. Tetapi itu tak menimbulkan kepanikan.

"Kami hanya merasakan sedikit tekanan, karena mungkin jarak antara Talaud dan Jailolo agak jauh. Guncangannya biasa - biasa saja. Jadi kami tidak kaget," ucap Jetmal.

Sampai dengan pukul  11:30 wita berhasil dianalisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) sebanyak  89 kali  terjadi gempa bumi susulan, dengan magnitudo bervariasi antara 3, 1 sampai 6, 1 .
BMKG menjelaskan setelah ada kejadian gempabumi besar secara alami akan ada gempabumi susulan sebagai mekanisme mencapai kestabilan lempeng tektonik kembali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00