• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dialog Kebangsaan RRI, Kemenkominfo: Medsos Dapat Merusak Toleransi

15 November
11:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Staf Ahli Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hendrasmo mengatakan disisi lain media sosial (medsos) dapat merusak toleransi dan dapat memicu manusia untuk saling bermusuhan.

Ia juga menyebut tingkat konektivitas Internet di Indonesia sudah tinggi mencapai 64,8 persen dari populasi sekitar 171 juta. Pengguna medsos juga paling banyak yang menggunakan adalah kaum milenial kisaran umur 12 tahun sampai 34 tahun atau prsentasenya sebesar 66 persen.

"Itu yang membahayakan toleransi, jadi ketika orang itu mendapat informasi yang manipulatif yang salah kemudian informasi itu membuat memicu orang untuk saling bermusuhan merusak kohesi atau ikatan sosial kita, saling mencurigai, nah itu yang membahayakan toleransi kita," jelasnya dalam Dialog Kebangsaan RRI di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Jumat (15/11/2019).

Era media sosial saat ini, katanya, banyak yang menuliskan narasi-narasi dengan sengaja agar menimbulkan kericuhan. Untuk itu, di sisi lain medsos dapat menyebabkan hal negatif terjadi jika tidak digunakan dengan baik.

"Audience dengan producer batasannya tipis sekali sekarang, siapapun itu bisa memproduksi narasi-narasi, pada saat itu juga kita mengalami banjir imformasi, polusi informasi, disitulah ada yang disinformasi, ada informasi yang salah, tetapi ada unsur kesengajaan untuk memanipulasi," katanya.

Untuk diketahui, Konser Kebangsaan akan dilangsungkan Taman Alun Kapuas pada Jum'at (15/11/2019) malam. Pada Konser Kebangsaan kali ini, akan hadir sejumlah artis ibu kota. Antara lain, Wahyu Selow, Rizki dan Ridho hingga Arwana Band.

Tidak hanya itu, untuk menambah semarak dan kemeriahan konser tersebut, akan juga ditampilkan seni budaya khas masyarakat Kota Pontianak, yaitu flash mob Tari Jepin Milenial. Tari ini akan diikuti sekitar 200 orang peserta terdiri dari pelajar SMA dan sejumlah organisasi masyarakat, khususnya perempuan.

Ada juga penampilan apik yang memadukan kembali unsur modern dan tradisional yaitu, kolaborasi Angklung dengan Band Toto and Star. Bahkan sudah juga disiapkan, sajian musik khas Dayak Kalbar yaitu ‘Sape’ yang sudah barang tentu akan memperkaya khasanah budaya yang ditonjolkan.

Pada pelaksanaan konser tersebut, panitia juga sudah menyiapkan lima orang anak untuk menyampaikan puisi yang isinya tentang toleransi dan kebhinekaan. Kemudian, Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Direktur Utama RRI M. Rohanudin akan menyampaikan pesan kebangsaan di hadapan sekitar 10 ribuan penonton.

Dialog Kebangsaan dan Konser Kebangsaan ini dapat disimak oleh masyarakat Indonesia secara luas, maka melalui jaringan RRI. Untuk Dialog Kebangsaan, berlangsung Jum’at (15/11/2019) mulai pukul. 09.00-10.30 WIB di siarkan langsung Pro 3 direlay Pro 1 dan Pro 2 RRI seluruh Indonesia serta RRINet. Sedangkan untuk Konser Kebangsaan, akan mulai disiarkan langsung pukul. 19.00-22.00 WIB melalui Pro 1 dan Pro 2 RRI seluruh Indonesia dan RRINet.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00