• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Dialog Kebangsaan RRI, Kemhan: Indonesia Itu Beragam

15 November
10:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Konser kebangsaan ke-4 dengan tema "Membangun Toleransi Mewujudkan Bela Negara" akan segera diselenggarakan di Pontianak, Jumat (15/10/2019). Kota Pontianak kali ini menjadi tuan rumah penyelenggara Konser Kebangsaan ke-14, kerja sama LPP RRI bersama dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta didukung oleh Pemprov Kalbar dan Pemkot Pontianak.

Konser Kebangsaan diselenggarakan pertama kali pada tahun 2017. Untuk tahun 2019 ini, Konser Kebangsaan diadakan di empat kota, yang telah diawali di Monas Jakarta pada tanggal 23 Februari, Jember 27 April, Bengkulu 13 Juli dan terakhir Pontianak pada tanggal 15 November 2019.

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dalam Dialog Kebangsaan RRI di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Jumat (15/11/2019) mengatakan bahwa Kota Pontianak ditempati oleh berbagai macam suku di seluruh Indonesia. Semuanya hidup dengan harmonis dan bertoleransi.

"Toleransi dibuktikan dengan beberapa peristiwa nasional maupun lokal yang kita bisa mengatasi masalah perbedaan-perbedaan itu," jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Bondan Tiara Sofyan menyampaikan prinsip toleransi itu harus sadar berbangsa dan bernegara. Menjadi 5 point penting nilai-nilai bela negara harus diterapkan kedalam diri masing-masing. Pertama, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, dan terakhir harus mempunyai kemampuan dasar.

"Sadar berbangsa dan bernegara dalam konteks bela negara kita sadari betul bahwa Indonesia demikian beragam, Indonesia itu dari sabang sampai merauke, dari pulau miangas sampai pulau rote ada berbagai macam suku bangsa, berbagai macam bahasa 700 lebih bahasa dan dialeg daerah kita tersebar pula di pulau-pulau sehingga untuk mencapai teman kita di tempat lain itu bukan tinggal naik mobil, harus naik pesawat, harus naik kapal, sehingga interaksinya menjadi terbatas disitulah pentingnya toleransi," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta agar semua pihak sadar bahwa saudara-saudara kita di Indonesia banyak perbedaan, ada perbedaan budaya, agama, jadi tidak boleh saling memaksa dan harus saling mengingatkan.

"Bahwa kita sadar ada saudara kita ditempat lain yang memang tidak sama dengan kita, budayanya berbeda, agamanya berbeda, kita punya agama beragam sekali. ada islam, kristen,  hindu, budha, konghocu, kita semua juga tidak bisa memaksa disitulah toleransi yang penting bahwa kita sadar negara ini dibangun atas keberagaman dan dulu para founding fathers kita sadar betul kemerdekaan didirikan atas kesadaran bahwa kita berbangsa-bangsa," katanya.

"We are nations stated, jadi negara yang memang terdiri dari bangsa-bangsa itu, yuk yang mari kita ingatkan lagi," sambungnya.

Untuk diketahui, Konser Kebangsaan akan dilangsungkan Taman Alun Kapuas pada Jum'at (15/11/2019) malam. Pada Konser Kebangsaan kali ini, akan hadir sejumlah artis ibu kota. Antara lain, Wahyu Selow, Rizki dan Ridho hingga Arwana Band.

Tidak hanya itu, untuk menambah semarak dan kemeriahan konser tersebut, akan juga ditampilkan seni budaya khas masyarakat Kota Pontianak, yaitu flash mob Tari Jepin Milenial. Tari ini akan diikuti sekitar 200 orang peserta terdiri dari pelajar SMA dan sejumlah organisasi masyarakat, khususnya perempuan.

Ada juga penampilan apik yang memadukan kembali unsur modern dan tradisional yaitu, kolaborasi Angklung dengan Band Toto and Star. Bahkan sudah juga disiapkan, sajian musik khas Dayak Kalbar yaitu ‘Sape’ yang sudah barang tentu akan memperkaya khasanah budaya yang ditonjolkan.

Pada pelaksanaan konser tersebut, panitia juga sudah menyiapkan lima orang anak untuk menyampaikan puisi yang isinya tentang toleransi dan kebhinekaan. Kemudian, Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Direktur Utama RRI M. Rohanudin akan menyampaikan pesan kebangsaan di hadapan sekitar 10 ribuan penonton.

Dialog Kebangsaan dan Konser Kebangsaan ini dapat disimak oleh masyarakat Indonesia secara luas, maka melalui jaringan RRI. Untuk Dialog Kebangsaan, berlangsung Jum’at (15/11/2019) mulai pukul. 09.00-10.30 WIB di siarkan langsung Pro 3 direlay Pro 1 dan Pro 2 RRI seluruh Indonesia serta RRINet. Sedangkan untuk Konser Kebangsaan, akan mulai disiarkan langsung pukul. 19.00-22.00 WIB melalui Pro 1 dan Pro 2 RRI seluruh Indonesia dan RRINet.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00